Rekor Head To Head Prancis vs Belgia: Siapa Lebih Digjaya?

Belgia unggul dalam head to head secara keseluruhan namun Prancis lebih digjaya di pertandingan kompetitif.

Sepakbola.com, Saint Petersburg – Prancis dan Belgia akan berperang untuk memperebutkan satu tempat di Final Piala Dunia 2018. Duel Prancis vs Belgia akan digelar di Saint Petersburg Stadium, Rabu (11/7/2018) dini hari WIB.

Les Bleus berharap bisa mengulang sukses pada 1998, sementara lawan mereka yang juga merupakan wakil Eropa akan bermain kembali di semifinal setelah terakhir melakukannya 32 tahun silam di Meksiko.

Duel di Piala Dunia

Prancis dan Belgia telah bertanding dua kali di ajang Piala Dunia. Pertandingan pertama terjadi di babak awal Piala Dunia 1938 di Prancis. Ketika itu tim tuan rumah mencatat kemenangan 3-1.

Selang 48 tahun kemudian kedua tim bertemu kembali yakni di Piala Dunia 1986 Meksiko. Kali ini dalam pertandingan yang cukup bergengsi, perebutan peringkat ketiga setelah keduanya gagal di semifinal. Gol dari Jean-Marc Ferreri, Jean-Pierre Papin, Bernard Genghini dan Manuel Amoros (pen) membantu Les Bleus menang 4-2 di babak extra-time.

Duel Prancis vs Belgia Piala Dunia 1986 Meksiko

Rekor 73 pertandingan

Prancis dan Belgia terbilang sering berjumpa. Tercatat ada 73 pertandingan yang pernah mereka jalani. Secara total Belgia ternyata lebih unggul dari Prancis.

Belgia dan Prancis punya rekor head to head 30 kemenangan untuk Belgia dan 24 kemenangan untuk Prancis. Sementara 19 pertandingan lainnya berakhir imbang.

Namun Prancis unya keunggulan head to head jika hanya menghitung pertandingan-pertandingan kompetitif. Dalam 11 pertemuan, Prancis menang lima kali sementara Belgia menang tiga kali. Tiga pertandingan sisanya berujung skor imbang.

Dalam lima perjumpaan terakhir Belgia unggul dengan dua kemenangan sementara Prancis punya satu kemenangan. Dua laga sisanya berakhir imbang tanpa gol.

Duel terakhir kedua tim berlangsung pada 2015. Laga persahabatan yang berlangsung di Paris itu berlangsung merarik dan Belgia menang dengan skor ketat 4-3. Marouane Fellaini menjadi bintang di laga ini dan mencetak brace alias sepasang gol.

Head To Head Prancis vs Belgia: Lima laga terakhir

Prancis v Belgia (1-2) | International Friendly | 18 Mei 2002
Belgia v Prancis (0-2) | International Friendly | 18 Februari 2004
Prancis v Belgia (0-0) | International Friendly | 15 November 2011
Belgia v Prancis (0-0) | International Friendly | 14 Agustus 2013
Prancis v Belgia (3-4) | International Friendly | 07 Juni 2015

Komentari Artikel Ini