Roberto Martinez: Belgia Terima Kegagalan di Semifinal Piala Dunia 2018

Sepakbola.com, St. Petersburg – Meski terpukul dengan kegagalan di semifinal Piala Dunia 2018 akibat kalah lawan Prancis, pelatih Roberto Martinez mengajak seluruh pemainnya untuk segera mengalihkan fokus ke duel perebutan tempat ketiga.

Sundulan Samuel Umtiti jadi satu-satunya gol yang menyingkirkan Belgia dan Martinez mengatakan sebenarnya mereka bisa mengatasi serangan balik Prancis .

“Itu pertandingan yang suliat,” kata pelatih Spanyol tersebut kepada wartawan dikutip dari espnfc.com (10/7).

“Tidak banyak momen hebat … Perbedaan antara kekalahan dan kemenangan hanyalah salah satu bola mati,”

“Kami mengendalikan serangan balik mereka. Kami memiliki bola tetapi harus memberikan pujian atas cara bertahan Prancis dan kami tidak dapat menemukan sedikit magic di depan gawang.”

Pertandingan itu merupakan pertempuran taktis yang memukau, Prancis punya penguasaan bola dan ingin menggunakan kecepatan Kylian Mbappe untuk menekan Belgia lewat bola-bola direct.

Martinez mengatakan timnya berhasil meredam ancaman Prancis meski dengan permainan terbuka dan menyangkal bahwa keputusannya untuk menjadikan Mousa Dembele di lini tengah berpengaruh besar pada hasil akhir.

Dembele merupakan pilihan mengejutkan pada posisi yang biasanya diisi Yannick Carrasco, sementara Martinez memilih untuk memainkan playmaker Kevin De Bruyne di sisi kanan. Tapi, momen terbaik De Bruyne datang ketika ia bergabung dengan Eden Hazard di posisi berlawanan dan Belgia kehilangan kemampuannya dalam passing akurat sehingga striker Romelu Lukaku kurang mendapat support.

Setelah timnya tertinggal, Martinez menarik Dembele dan mengembalikan De Bruyne ke tengah. Walau Belgia tidak mendapatkan gol, mereka lebih mengendalikan permainan dan menciptakan lebih banyak peluang. (Sumber: espnfc.com)

Penulis: Ricky Sulastomo/Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini