Sejarah Duel Prancis vs Kroasia: Modric Dkk Berburu Kemenangan Perdana

Lima kali bertanding melawan Kroasia, Prancis belum pernah sekalipun mengalami kekalahan.

SepakBola.com – Prancis dan Belgia baru berjumpa sekali di ajang Piala Dunia dan itu adalah duel pertama kedua tim. Duel di semifinal Piala Dunia 1998 itu dimenangi Prancis dengan skor 2-1. Prancis akhirnya menjadi juara dunia untuk pertama kalinya setelah mengalahkan Brasil di final.

Duel pertama itu berlangsung menarik dan penuh drama. Prancis tertinggal satu gol duluan setelah penyerang Kroasia Davor Suker mencantumkan namanya di papan skor. Les Blues kemudian membuat comeback sempurna dengan Lilian Thuram menjadi pahlawan dengan seasang golnya. Menariknya, dalam 142 cap bersama Prancis, Thuram sama sekali tak punya catatan gol selain dua golnya ke gawang Kroasia.

Pertandingan Prancis vs Kroasia di semifinal Piala Dunia 2018 juga diwarnai kartu merah untuk bek tengah Prancis, Laurent Blanc.

Video Prancis 2-1 Kroasia Semifinal Piala Dunia 2018

Secara total, Prancis baru berduel melawan Kroasia sebanyak lima kali. Dua di laga kompetitif sementara tiga lainnya laga uji coba alias persahabatan. Minimnya duel bisa dipahami mengingat Kroasia baru terdaftar sebagai anggota FIFA pada 1992 setelah memisahkan diri dari Yugoslavia.

Prancis tak pernah kalah dalam lima duel tersebut. Memenangi tiga laga dan bermain imbang dalam dua laga sisanya. Duel terakhir Prancis vs Kroasia terjadi pada Maret 2011 dalam laga persahabatan yang berakhir imbang tanpa gol.

Kroasia memang tak pernah menang dalam sejarah duel melawan Prancis. Namun kekalahan terjadi dalam tiga pertemuan awal, dalam dua laga terakhir mereka mampu menahan imbang Les Blues.

Sejarah duel Prancis vs Belgia

8 Juli 1998 PRANCIS MENANG 2-1 (Piala Dunia 1998)

13 November 1999 PRANCIS MENANG 3-0 (International Friendly)

28 Mei 2000 PRANCIS MENANG 2-0 (International Friendly)

17 Juni 2004 DRAW 2-2 (Piala Eropa 2004)

29 Maret 2011 DRAW 0-0 (International Friendly)

Komentari Artikel Ini