[VIDEO CUPLIKAN GOL Rusia 2-2 Kroasia (pen 3-4): Drama Penalti Tak Berpihak Pada Tuan Rumah

Sepakbola.com, Sochi – Perjuangan Rusia di Piala Dunia harus terhenti usai mereka kalah 3-4 adu penalti melawan Kroasia di Sochi, Minggu (8/7) dini hari WIB. Rusia memberikan perlawanan sengit dari unggul 1-0, tertinggal 1-2 dan menyamakan skor menjadi 2-2 di babak tambahan, tetapi harus kalah saat adu penalti.

Ivan Rakitic akhirnya menjadi pahlawan Kroasia setelah sukses membobol Igor Akinfeev sebagai penendang penalti kelima. Empat penendang Kroasia menjalankan tugasnya dengan baik, sementara Rusia harus menerima kenyataan dua eksekutornya gagal melaksanakan pekerjaannya.

Selanjutnya Kroasia akan berhadapan melawan Inggris dalam partai semifinal pada Kamis (12/7) dini hari WIB di Luzhniki Stadium, Moscow.

Kroasia dan Rusia sama-sama bermain terbuka dan menyerang. Walau di awal pertandingan tidak banyak peluang bagus tercipta, tetapi keduanya sama-sama berupaya untuk mencetak gol terlebih dahulu.

Cukup mengesankan penampilan Rusia karena secara materi pemain untuk lini tengah mereka tertinggal dari Kroasia. Kroasia memiliki Luka Modric, Ivan Rakitic, Ivan Perisic dan Andrej Kramaric, namun Rusia masih mampu mengimbangi lini tengah mereka.

Memasuki pertengahan babak pertama, serangan Kroasia semakin intens, tidak jarang tiga pemain mereka menunggu umpan dari sisi lapangan di kotak penalti. Namun, situasi ini bisa dimanfaatkan Rusia, Cheryshev berhasil mencetak gol pada menit 31 setelah mendapat sodoran sederhana dari Dzyuba.

Gol Dzyuba Rusia 1-0 Kroasia

Kroasia masih dengan intensitas serangannya dan mereka berhasil menyamakan kedudukan delapan menit kemudian. Mandzukic berhasil masuk ke daerah pertahanan Rusia dan ketika tidak dikawal ketat, umpan silangnya mengarah tepat ke Kramaric di kotak penalti. Tanpa ragu Kramaric menghujam gawang tuan Rumah.

Gol Kramaric Rusia 1-1 Kroasia

Merasa mendapat momentum, Kroasia semakin menggencarkan serangannya, tetapi babak pertama tetap berakhir dengan skor 1-1.

Di babak kedua Kroasia semakin terlihat bisa mengurung pertahanan Rusia, tetapi serangan balik tuan rumah tetap menjadi ancaman serius. Pada menit 60 Kroasia nyaris memimpin lewat Kramaric, dia berhasil meraih umpan silang Strinic dan menjadi kemelut di mulut gawang Rusia. Perisic berhasil mendapat bola dan melepaskan tembakan, tetapi masih membentur tiang gawang.

Semakin mendekati menit akhir Kroasia semakin kuat mengurung pertahanan Rusia, tetapi mereka tetap kesulitan menembus tembok pertahanan tuan rumah yang memang sangat kuat. Kroasia berupaya mempertajam serangan dengan menarik Kramaric dan memasukkan Kovacic, tetapi ini tidak memberi dampak yang signifikan. Pertandingan pun dilanjutkan ke babak tambahan.

Terlihat jelas kedua tim kelelahan di babak tambahan, jarang terlihat pergerakan yang gesit dari kedua tim. Rusia juga tampaknya lebih ingin pertandingan ini diakhiri dengan adu penalti seperti saat mereka mengalahkan Spanyol di babak perempatfinal.

Sayangnya itu tidak terjadi, kecemerlangan lini tengah Kroasia membuahkan hasil. Modric berhasil mengirim umpan indah ke kotak penalti dan Vida berada di posisi yang pas untuk menyambutnya dan berhasil menaklukkan Akinfeev.

Gol Vida Rusia 1-2 Kroasia

Semangat Rusia belum pudar, mereka masih berjuang untuk menyamakan kedudukan dan hal ini terbayarkan. Tendangan bebas Dzagoev dari sisi kanan disambar sundulan oleh Fernandes dan membuat Subasic terdiam.

Gol Fernandes Rusia 2-2 Kroasia

Pertandingan pun harus diakhiri dengan adu penalti, tetapi ceritanya berbeda dengan Spanyol, kali ini Rusia kurang beruntung mereka kalah 3-4.

Video cuplikan gol Kroasia vs Rusia (Highligh dan adu penalti)
Susunan pemain

Kroasia (4-2-3-1):Danijel Subasic; Ivan Strinic, Sime Vrsaljko, Domagoj Vida, Dejan Lovren; Luka Modric, Ivan Rakitic; Andrej Kramaric, Ivan Perisic, Ante Rebic; Mario Mandzukic.

Subs: Tin Jedvaj, Filip Bradaric, Lovre Kalinic, Mateo Kovacic, Marko Pjaca, Marcelo Brozovic, Milan Badelj, Duje Caleta-Car, Vedran Corluka, Dominik Livakovic, Josip Pivaric.

Rusia (4-2-3-1): Igor Akinfeev; Ilya Kutepov, Sergei Ignashevich, Mario Fernandes, Fedor Kudryashov; Roman Zobnin, Daler Kuzyaev; Aleksandr Samedov, Aleksandr Golovin, Denis Cheryshev; Artem Dzyuba.

Subs: Yuri Gazinskiy, Andrey Lunev, Vladimir Granat, Andrey Semenov, Aleksey Miranchuk, Anton Miranchuk, Fedor Smolov, Yuri Zhirkov, Vladimir Gabulov, Igor Smolnikov, Aleksandr Erokhin, Alan Dzagoev.

Komentari Artikel Ini