Jelang Kepindahan Joe Hart Ke Burnley, Pep Guardiola Puji Profesionalismenya

Joe Hart segera menjalani tes medis di Burnley dalam sebuah transfer bernilai 4 juta poundsterling.

Sepakbola.com, Manchester – Manajer Manchester City Pep Guardiola menyuarakan kekagumannya terhadap Joe Hart, di saat Burnley dilaporkan selangkah lagi untuk mendapatkan jasa kiper itu.

Menurut sebuah laporan dari Lancashire Telegraph, Hart akan menjalani tes medis di Turf Moor menjelang kepindahannya yang senilai 4 juta pounds. Di Burnley, Hart akan menandatanganni kontrak tiga tahun dengan pemotongan gaji yang cukup besar.

Pasukan Sean Dyche maju ke babak kualifikasi ketiga Liga Europa dengan kemenangan 3-1 atas Aberdeen pada pekan ini, tetapi mereka mengalami kesulitan dengan cederanya Nick Pope dan Tom Heaton.

“Kami akan melihat apa yang terjadi di hari-hari berikutnya,” kata Guardiola ketika ditanya tentang masa depan pemain berusia 31 tahun itu pada konferensi pers jelang pertandingan Community Shield melawan Chelsea.

“Kami tahu situasinya. Saya mengagumi komitmen dan profesionalismenya dalam setiap sesi latihan,” tambah Guardiola.

Penurunan karier

Pernah menjadi kiper nomor satu Inggris, karier Joe Hart mengalami penurunan saat Guardiola tiba sebagai manajer Manchester City pada tahun 2016. Dia tak masuk dalam rencananya hingga pindah dengan status pinjaman ke Torino menyusul kedatangan Claudio Bravo dari Barcelona.

Performa tidak menentu Bravo dan ketidakhadiran Willy Caballero di akhir kontraknya tidak cukup untuk membuat Hart melangkah kembali ke Manchester City di musim 2017-18, dan ia pun memutuskan untuk bergabung dengan West Ham United setelah kedatangan Ederson ke Etihad Stadium.

Dan karier Hart di West Ham pun tidak berjalan dengan baik. Kiper asal Inggris itu banyak dicadangkan oleh manajer David Moyes, hingga ia kehilangan satu tempat di skuat Inggris untuk Piala Dunia 2018.

Dengan kariernya yang tak berkembang dengan baik plus kontraknya di Etihad Stadium tersisa setahun, Hart masih sempat kembali ke City untuk menjalani pramusim melawan Borussia Dortmund dan Liverpool di Amerika Serikat.

Saat ditanya tentang apakah Manchester City akan memberi kelonggaran finansial agar Hart mendapatkan transfer yang dibutuhkannya, Guardiola menambahkan: “Saya bukan direktur olahraga. Saya tidak tahu dengan kesepakatan itu.” (Sumber: Four Four Two)

Penulis: Andrie Widyantoro/Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini