Siapa Kepa Arrizabalaga? Kiper Termahal Dunia Pengganti Thibaut Courtois Di Chelsea

Kepa Arrizabalaga diikat Chelsea dengan kontrak panjang yang akan valid hingga 2025.

Sepakbola.com, London – Penjaga gawang kelas dunia dan Real Madrid seperti tak terpisahkan dan Spanyol selalu memiliki kiper berbakat, bahkan menghasilkan beberapa yang bisa dikategorikan terbaik di dunia. Sebelumnya, kepindahan Kepa Arrizabalaga dari Athletic Bilbao ke Santiago Bernabeu akan menjadi langkah yang akan dianggap normal. Namun pada akhirnya Kepa justru melangkah keluar dai Spanyol dan berlabuh di Chelsea.

Kepa menjadi kiper pilihan ketiga di belakang David de Gea dan Pepe Reina untuk skuad Piala Dunia 2018 Spanyol. Walau masih berusia 23 tahun, ia memang telah dikenal sebagai salah satu talenta terbaik di La Liga dan Chelsea diharapkan benar-benar bisa membuatnya berkembang.

Pengalaman di usia muda

Kepindahan kiper pilihan pertama The Blues, Thibaut Courtois, ke Madrid menjadi faktor langsung kedatangan Kepa di London. Ini seperti takdir di Stamford Bridge, kepergian Courtois membuka jalan bagi Kepa yang hampir bergabung dengan juara Eropa pada bulan Januari.

Dalam transfer Kepa, The Blues memecahkan biaya transfer rekor dunia untuk seorang penjaga gawang yang sebelumnya dipegang Liverpool saat mereka merekrut kiper Roma Alisson belum lama ini.

Kepa mungkin nama yang relatif tidak dikenal oleh penggemar Chelsea dan pengamat Premier League. Tetapi ada alasan Real Madrid sangat ingin memilikinya hanya beberapa bulan yang lalu.

Kiper ini sudah tampil 54 kali untuk tim senior Athletic usai dididik akademi mereka, serta mendapatkan satu caps tim senior Spanyol dan mewakili negaranya di setiap tingkat pemuda. Dia punya reputasi untuk refleksnya yang tajam, kemampuan kaki dan gerakan cepat.

Dia pemain menonjol tak terbantahkan di Spanyol U-19 yang memenangkan Kejuaraan Eropa pada tahun 2012. Ia menjadi pahlawan kemenangan di semi final melawan Prancis dengan menggagalkan dua eksekutor lawan di babak adu penalti. Dalam debut seniornya untuk La Roja, Kepa mencatat cleansheet dalam kemenangan 5-0 atas Kosta Rika pada akhir 2017.

Menolak Real Madrid

Setelah gagal mengejar bintang Manchester United De Gea karena masalah dokumen, Los Blancos mengalihkan perhatian mereka ke penjaga gawang muda Athletic. Kepa ingin diplot sebagai pilihan untuk menggantikan Navas yang berusia 31 tahun – yang kontraknya berakhir pada Juni 2020.

Pada bulan Januari, Madrid siap untuk memenuhi klausul rilis pada saat itu  20  juta euro karena tampak semakin tidak mungkin bahwa Navas akan memperbarui kontraknya dengan Madrid. Namun ada kejadian yang tak terduga, Kepa memutuskan menolak Madrid dan tetap di Athletic. Dia menandatangani kontrak baru yang akan membuatnya tetap di klub sampai 2025. Kontrak itu menaikkan klausul pelepasannya menjadi 80 juta Euro di Athletic yang ia labeli sebagai “rumah”.

“Saya sangat senang melanjutkan apa yang saya anggap sebagai rumah saya,” kata Kepa pada saat itu. “Saya sudah di sini selama hampir 15 tahun, saya bergabung ketika saya berusia sembilan tahun,” dikutip dari Goal (9/8/2018).

“Ini momen yang sangat penting. Bagi saya dan untuk karir saya, saya senang setelah negosiasi yang panjang semuanya telah membuahkan hasil. Sejak saya kecil saya telah menjadi penggemar Athletic dan akan selalu begitu,”

“Mereka yang dekat dengan saya atau mengenal saya tahu saya adalah orang yang suka menganalisis semuanya sebelum membuat keputusan. Saya sudah mendapatkan waktu saya dan ingin berterima kasih kepada klub yang menghormati itu untuk membuat keputusan saya.”

Courtois ingin dekat anak

The Blues menghadapi tantangan mepetnya waktu untuk menyelesaikan perekrutan pemain muda ini sebelum jendela transfer Premier League ditutup pada Kamis (9/9/2018). Chelsea harus berjuang meyakinkan kiper ini untuk pindah ke Inggris, meski Kepa baru saja memperbarui kontraknya.

Athletic selama ini diperkirakan akan melepas Kepa bila klausul pelepasannya dipenuhi peminat. Tim London Barat mampu memikat kiper dengan gaji dan kontrak tujuh tahun. Maurizio Sarri siap untuk memberinya peran kunci di tim barunya.

Chelsea tidak mau berpisah dengan Courtois kecuali mereka memiliki pengganti segera yang cocok. Setelah mendapatkan Kepa, barulah mereka mau melepas kiper Belgia tersebut.

Courtois tampaknya tidak ingin menunggu 12 bulan lagi saat kontraknya habis untuk pindah ke Madrid. Sarri secara terbuka mengatakan kepada Courtois untuk menemuinya secara pribadi jika dia ingin meninggalkan klub. Namun niat Courtois konkret. Real Madrid adalah satu-satunya tim yang dia inginkan, kota yang dekat dengan dua anaknya. (Sumber: goal.com)

Penulis: Ricky Sulastomo/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini