[TRANSFER LENGKAP] Liverpool: Strategi Apik Selesaikan Bisnis Di Awal

Liverpool menghabiskan 176 juta pounds untuk mendatangkan empat pemain di bursa transfer musim panas.

Sepakbola.com, Liverpool – Premier League mengubah aturan dengan penutupan jendela transfer lebih awal sebelum musim bergulir. Hal itu disadari betul oleh Liverpool yang dengan cekatan mengamankan pemain incaran mereka sebelum memasuki bulan Agustus.

Bursa transfer menjadi salah satu aktivitas paling ditunggu sebelum bergulirnya kompetisi. Apalagi transfer impian mereka dilakukan sejak awal, maka kekhawatiran bisa sedikit reda seperti yang dilakukan Liverpool dengan mendatangkan empat baru.

Naby Keita menjadi pemain yang pertama gabung di musim panas, meski sebenarnya proses finalisasi transfernya sudah dilakukan musim panas 2017 lalu. Harga senilai 54 juta pounds dikeluarkan Si Merah untuk mendatangkan pemain internasional Guinea dari RB Leipzig.

Kejutan justru dilakukan The Reds di awal pembukaan transfer bulan Juni lalu. Tidak ada angin tiada hujan, Fabinho yang sebelumnya sangat dekat dikaitkan dengan Manchester United, berhasil mereka yakinkan untuk merapat ke Anfield dari AS Monaco dengan harga 42 juta pounds.

Sementara Xherdan Shaqiri menjadi rekrutan ketiga Si Merah di bursa transfer musim panas. Ia didatangkan dari Stoke City dengan biaya terjangkau 13 juta pounds, dan langsung memberikan kesan manis selama pramusim dengan sumbangan tiga assist dan satu gol. Ia diproyeksikan untuk menjadi backup dari trio lini depan Liverpool.

The Reds menutup aktivitas transfer mereka dengan mendatangkan kiper asal AS Roma Alisson Becker seharga 67 juta pounds yang sempat memecahkan rekor transfer dunia di posisi kiper, sebelum Chelsea mendatangkan Kepa Arizzabalaga seharga 71 juta pounds. Kedatangan kiper 25 tahun bertujuan untuk memperbaiki kinerja pos di bawah mistar yang musim lalu dihuni Loris Karius.

Berharap ada kejutan manis di akhir bursa transfer, para pendukung Liverpool harus puas dengan rencana yang sudah Klopp tunjukkan. Mereka tidak mendatangkan pemain No.10 untuk menggantikan peran Philippe Coutinho yang sudah hijrah ke Barcelona Januari lalu.

Nabil Fekir yang menjadi target utama untuk mengisi kekosongan itu, gagal direkrut karena gagal dalam tes medis. The Reds tak mau ambil risiko dengan riwayat cedera lutut yang dipunyai gelandang Lyon itu.

Ada yang masuk ada juga yang keluar. Liverpool resmi melepas sembilan pemain diantaranya Danny Ward, Emre Can, Jordan Williams, Jon Flanagan, Adam Bogdan, dan Ben Woodburn, Ryan Kent, Harry Wilson dan Ovie Ejaria.

Ada sejumlah pemain Liverpool yang masih bisa dijual ke klub lain, karena meskipun mereka tak bisa membeli pemain lagi hingga batas 9 Agustus, klub di luar Inggris bisa bertransaksi hingga 31 Agustus. Simon Mignolet menjadi target Napoli, dan Divock Origi diminati Valencia.

Berikut transfer lengkap yang dilakukan Liverpool di musim panas 2018.

TRANSFER MASUK

  • Naby Keita (54 juta pounds, RB Leipzig)
  • Fabinho (42 juta pounds, AS Monaco)
  • Xherdan Shaqiri (13 juta pounds, Stoke City)
  • Alisson Becker (67 juta pounds, AS Roma)

TRANSFER KELUAR

  • Danny Ward (12 juta pounds, Leicester City)
  • Emre Can (Free Transfer, Juventus)
  • Jordan Williams (Free Transfer, Rochdale AFC)
  • Jon Flanagan (Free Transfer, Rangers)
  • Ovie Ejaria (Loan, Rangers)
  • Ryan Kent (Loan, Rangers)
  • Adam Bogdan (Loan, Hibernian)
  • Ben Woodburn (Loan, Sheffield United)
  • Harry Wilson (Loan, Derby County)

Penulis: Maulana Habibi/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini