[TRANSFER LENGKAP] Manchester City: Tak Lagi Jor-joran

Manchester City hanya mengeluarkan dana 62,6 juta pounds untuk mendatangkan tiga pemain di bursa transfer musim panas 2018.

Sepakbola.com, Manchester – Manchester City tak mengulangi gaya belanja mereka musim lalu pada jendela transfer musim panas ini. Hanya ada tiga pemain yang mereka datangkan, meski hanya satu yang akan masuk kategori pemain inti.

Seperti yang kita tahu, tahun lalu Manchester City menjadi salah satu tim yang paling aktif di bursa transfer. Total 300 juta pounds lebih mereka keluarkan untuk menambah kekuatan di musim 2017-18.

Namun uang besar yang mereka keluarkan membuahkan hasilnya dengan raihan dua trofi musim lalu yakni Premier League dan Piala Liga. Mereka menjelma menjadi kekuatan menakutkan setelah hanya tumbang dua kali dan mencatat rekor 100 poin dalam satu musim.

Seperti masih percaya dengan kekuatan yang dimiliki, Pep Guardiola tak terlalu antusias menyambut jendela transfer musim panas 2018. Padahal mereka terancam tak bisa diperkuat pemain intinya yang baru bergabung dari liburan atas keikutsertaan mereka di Piala Dunia.

Riyad Mahrez menjadi penandatanganan pertama mereka di musim panas. Playmaker asal Aljazair itu didatangkan dari Leicester City dengan memecahkan rekor transfer The Cityzens senilai 60 juta pounds. Dia pun sudah ikut serta bersama pasukan Guardiola selama pramusim.

Sementara dua rekrutan lainnya dibuat City, namun mereka adalah pemain yang masih tergolong sangat muda Philippe Sandler (21 tahun) dan Daniel Arzani (19 tahun). Sandler direkrut dari tim Eredivisie PEC Zwolle seharga 1,8 juta pounds, sedangkan Arzani masuk sebagai pemain baru di hari terakhir bursa transfer dengan banderol 800 ribu pounds dari Melbourne City.

Sebenarnya City harus menanggung kekecewaan setelah gagal mendapatkan tanda tangan gelandang Napoli incaran mereka Jorginho. Padahal berdasarkan pengakuan, kedua pihak sudah menyetujui harga gelandang Italia itu senilai 54 juta pounds.

Namun transfer itu urung terjadi, setelah Chelsea datang dengan memberikan tawaran lebih besar senilai 57 juta pounds. Penikungan ini terjadi tak lepas dari keinginan sang pemain sendiri, yang mengaku lebih tertarik hidup di London dan di bawah asuhan Maurizio Sarri.

Transfer masuk yang dilakukan City sangat berbanding terbalik dengan pemain yang keluar meninggalkan Etihad, meskipun kebanyakan dari pemain muda. Mereka melepas 11 pemain diantaranya Joe Hart, Yaya Toure, Angus Gunn, Olarenwaju Kayode, Pablo Mari, Mix Diskerud, Luka Ilic, Erik Palmer-Brown, Jack Harrison, Anthony Caceres.

Berikut daftar transfer lengkap yang dilakukan Manchester City pada musim panas tahun 2018:

TRANSFER MASUK

  • Riyad Mahrez (60 juta pounds, Leicester City)
  • Philippe Sandler (1,8 juta pounds, PEC Zwolle)
  • Daniel Arzani (800 ribu pounds, Melbourne City)

TRANSFER KELUAR

  • Joe Hart (3,1 juta pounds, Burnley)
  • Yaya Toure (Free Transfer, Free Agent)
  • Angus Gunn (10,8 juta pounds, Southampton)
  • Olarenwaju Kayode (2,5 juta pounds, Shakhtar Donetsk)
  • Pablo Mari (Loan, Deportivo La Coruna)
  • Mis Diskerud (Loan, Ulsan Hyundai)
  • Luka Ilic (Loan, NAC Breda)
  • Erik Palmer-Brown (Loan, NAC Breda)
  • Jack Harrison (Loan, Leeds United)
  • Anthony Caceres (Loan, Melbourne City)

Penulis: Maulana Habibi/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini