[TRANSFER LENGKAP] Manchester United: Banyak Lubang Tak Tertambal

Manchester United mengeluarkan dana 72,5 juta pounds untuk merampungkan transfer Fred, Diogo Dalot dan Lee Grant.

Sepakbola.com, Manchester – Bursa transfer musim panas 2018 ini bukanlah saat-saat yang menyenangkan bagi Manchester United ataupun para pendukungnya. Pasalnya tidak banyak aktivitas yang mencerminkan kesungguhan The Red Devils untuk mengejar prestasi di 2018/2019 mendatang.

Oleh para pengamat dan juga fans, MU diperkirakan butuh belanja besar untuk sektor gelandang sentral, bek kanan, bek kiri, bek tengah, dan juga penyerang sayap kanan. Pada kenyataannya hanya dua pos pertama yang bisa ditambal.

Beberapa pemain yang ramai digosipkan sejak awal bursa transfer akan merapat seperti Alex Sandro, Djibirl Sidibe, Toby Alderweireld, Diego Godin, Jerome Boateng, Milan Skriniar, Harry Maguire, Gareth Bale, Ante Rebic, Ivan Perisic, Mario Mandzukic, dan Axel Witsel tidak kunjung datang sampai batas waktu tiba. Akhirnya Ed Woodward sebagai CEO sekaligus penanggungjawab transfer MU dijadikan kambing hitam.

Tidak salah memang karena Woodward terlihat lebih rajin menjaring sponsor dan pundi-pundi finansial dalam beberapa bulan terakhir. Lihat saja pada bagian lengan jersey MU yang kini terpampang logo Kohler yang merupakan perusahaan produk rumah tangga asal Amerika Serikat yang kemudian disusul peresmian aplikasi khusus klub.

Selain itu Setan Merah juga dianggap gagal merampingkang skuat dengan melepas sejumlah pemain yang kualitas dan kinerjanya tidak lagi cocok dipertahankan. Terbukti dengan masih adanya nama-nama seperti Phil Jones, Chris Smalling, Matteo Darmian, Marouane Fellaini, Luke Shaw, Ashley Young, dan Juan Mata di Old Trafford setelah penjualan Daley Blind ke Ajax Amsterdam.

Namun perampingan skuat masih mungkin dilakukan mengingat di luar Liga Inggris bursa transfer belum ditutup. Serie A masih akan membuka kran jual-beli pemain hingga sebelum kick-off pekan depan. Sementara liga-liga top Eropa masih bisa melakukan aktivitas hingga deadline day pada akhir bulan Agustus. Namun ini juga bisa “membahayakan” karena bisa saja pemain-pemain penting dibajak klub-klub di luar Inggris.

Situasi ini membuat sebagian orang percaya jika sindrom musim ketiga Mourinho akan terulang kembali di Manchester Merah. Apalagi sempat tersiar kabar Paul Pogba dan Anthony Martial sudah tidak lagi sejalan dengan sang arsitek dan berniat pergi ke Barcelona, Chelsea, atau Tottenham Hotspur.

Beruntung masih ada tiga penggawa anyar yang datang pada periode ini. Yang pertama adalah midfielder kreatif nan agresif dari Brasil, Fred, yang dibeli seharga 52 juta Poundsterling dari Shakhtar Donetsk. Kehadirannya diharapkan bisa membuat lini tengah MU makin dinamis dan tidak lagi mengandalkan permainan ‘kaku’ yang sudah banyak menuai protes.

Transfer Lengkap Manchester United
Transfer Lengkap Manchester United: Fred bisa memberi aroma Samba di lini tengah Setan Merah.

Diogo Dalot kemudian menyusul dari FC Porto dengan banderol 19 juta Poundsterling. Meski masih berusia 18 tahun namun ia diprediksi bisa jadi bintang masa depan Portugal. Kemampuannya bermain di kedua sisi lapangan sebagai fullback tentunya akan sangat berguna jika diasah secara benar.

Transfer Lengkap Manchester United
Transfer Lengkap Manchester United: DIogo Dalot bisa jadi aset masa depan di lini belakang Setan Merah.

Yang terakhir adalah kiper senior berkebangsaan Inggris, Lee Grant. Hanya berharga 1 juta Poundsterling dari Stoke City, Mourinho melihatnya sebagai cadangan yang pas untuk David de Gea dan Sergio Romero di pos penjaga gawang. Performa konsisen selama tur di AS membuat Grant mungkin bukan transfer yang harus dikeluhkan.

Transfer Lengkap Manchester United
Transfer Lengkap Manchester United: Kehadiran Lee Grant membuat sektor kiper diisi oleh tiga pemain berpengalaman.

Andreas Pereira walau bukan pendatang baru juga patut disyukuri karena kepulangannya dari peminjaman ke Valencia terbukti sukses. Gelandang 22 tahun itu sudah menunjukkan kematangan setelah kembali dari La Liga dan terlihat siap untuk bersaing di tim utama.

TRANSFER MASUK

  • Fred (52juta pounds, Shakhtar Donetsk)
  • Diogo Dalot (19juta pounds, FC Porto)
  • Lee Grant (1,5juta pounds, Stoke City)

TRANSFER KELUAR

  • Axel Tuanzebe (pinjaman, Aston Villa)
  • Joel Pereira (pinjaman, Vitoria de Setubal)
  • Cameron Borthwick-Jackson (pinjaman, Scunthorpe United)
  • Daley Blind (14juta pounds, Ajax)
  • Sam Johnstone (6,5juta pounds, West Bromwich Albion)

Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini