Witsel Sempat Tolak MU Dan Napoli Sebelum Resmi Gabung Dortmund

Sepakbola.com, Dortmund – Meski sudah sempat bermain di Liga Tiongkok selama 18 bulan terakhir rupanya masih banyak klub top Eropa yang mengantre untuk jasa Axel Witsel. Sebelum resmi berbaju Borussia Dortmund, sang gelandang bahkan sempat didekati oleh Manchester United dan Napoli.

Paul Stefani selaku agen adalah kunci kenapa Witsel pada akhirnya memilih melanjutkan karier ke Bundesliga dan bukannya Premier League atau Serie A. Pasalnya ia yakin jika sang klien akan lebih sukses bersama Dortmund pasca pergi dari Tianjin Quanjian.

Witsel yang pada Piala Dunia 2018 lalu sanggup mengantarkan Belgia meraih tempat ketiga di bawah Prancis dan Kroasia dinilao Stefani akan langsung jadi pilihan utama di Dortmund. Sedangkan di MU dan Napoli sudah cukup banyak midfielder yang akan memberatkan persaingan untuk starting XI.

Masih menurut pengakuan Stefani, MU bahkan sempat juga mengincar N’Golo Kante dari Chelsea. Jika terwujud tentunya pos gelandang bertahan akan jadi milik pemain 27 tahun itu dan bukannya Witsel.

“Axel pernah bilang jika ia ingin pergi dari Tiongkok dan aku langsung menjanjikan sesuatu yang besar padanya. Beberapa bulan yang lalu kemudian aku bertemu dengan manajemen Dortmund dan memulai negosiasi,” papar Stefani pada outlet berbasis Belgia, HLN.

“Saat itu Dortmund memang sedang mencari pemain bertipe seperti Axel. Direktur olahraga Michael Zorc dan CEO Hans-Joachim Watzke langsung menghubungiku sementara Axel bermain di Piala Dunia. Mereka senang saat tahu ada klausul pelepasan sebesar 20 juta Euro setelah sempat mengira harus mengeluarkan 40 juta lebih mahal,”

“Sebenarnya ada peminat lain. Manchester United dan Napoli juga menginginkan Axel namun kukatakan padanya jika Dortmund bisa memberikan posisi inti. Sumber terpercayaku bilang jika (Jose) Mourinho juga mengincar Kante,” pungkasnya kemudian.

Witsel sendiri sebenarnya bukan target baru bagi MU. Saat The Red Devils masih ditukangi oleh Sir Alex Ferguson pada 2011 lalu sang gelandang berambut kribo sudah perbah diincar. Kala itu ia masih berbaju Benfica di liga Portugal.

Sayangnya Witsel tidak pernah benar-benar merapat ke Old Trafford karena pada 2012 tawaran dari Zenit St. Petersburg menarik perhatiannya. Kini di usia 29 tahun ia siap memulai petualangan baru bersama Dortmund. (Sumber: Sky Sports)

Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama/Editor: Setyo Bagus Kiswanto

Komentari Artikel Ini