3 Kunci Kebangkitan Chelsea Awal Musim Ini

Sepakbola.com, London – Dengan empat kemenangan dalam empat pertandingan di awal musim ini, Maurizio Sarri melewati periode sempurna di awal masa jabatannya sebagai manajer Chelsea.

The Blues adalah salah satu dari hanya tiga tim yang berhasil meraih poin maksimum pada bulan Agustus, dan ada kepercayaan baru di klub London Barat itu. Jadi, bagaimana cara mantan bos Napoli itu memperbaiki Chelsea musim ini? Mari kita lihat.

Formasi baru Chelsea

Sarri telah memberi Chelsea identitas baru pada musim ini. Menerapkan formasi 4-3-3 khasnya, Chelsea telah mengantongi 10 gol dalam 4 pertandingan pembukaan mereka. Mereka juga memegang rekor serangan terbaik kedua di Premier League memasuki bulan September.

Meskipun masih berada di tahap dasar, Sarri berusaha untuk meniru gaya tim Napoli yang ia bentuk musim lalu. Mencetak 77 gol dan menempati posisi kedua di Serie A, pria berusia 59 tahun itu dianugerahi penghargaan sebagai Pelatih Terbaik Italia tahun ini.

Dipuji oleh orang-orang seperti Pep Guardiola, formasi baru Sarri menghidupkan kembali semangat di Chelsea. Meskipun baru dibentuk selama sebulan, ide serangan berintensitas tinggi Sarri sudah mulai terbentuk.

Mempertahankan Eden Hazard

Maurizio Sarri Eden Hazard

Meski Thibaut Courtois pindah ke Real Madrid, Chelsea berhasil mempertahankan permata paling berharga milik mereka. Meskipun kepindahannya ke ibukota Spanyol tampak tak terelakkan sebelumnya, Eden Hazard tetap bertahan di London Barat.

Menyatakan kesetiaannya untuk satu tahun lagi, pemain asal Belgia itu telah memulai musim baru dalam performa yang gemilang. Setelah membawa bangsanya meraih medali Perunggu di Rusia, Hazard terus tampil panas dan berhasil mencetak dua gol Premier League musim ini.

Dengan tidak ada pemain lain di Premier League yang melakukan dribel lebih banyak dari Hazard musim lalu, ia tetap menjadi pemain utama Sarri. Diberi banyak kebebasan dalam formasi baru 4-3-3, Hazard sendiri mengakui bahwa dirinya bermain dengan lebih bahagia musim ini.

Kedatangan Jorginho

Salah satu faktor utama di balik awal mengesankan Chelsea adalah dampak langsung dari pemain baru Jorginho. Mengikuti mentornya ke Stamford Bridge, pemain asal Italia itu adalah bagian penting dari sistem Sarri.

Meski belum berpengalaman bermain di Premier League, Jorginho mampu menunjukkan penampilan yang memikat, dan tidak mengherankan jika Manchester City begitu ingin untuk mendapatkan tanda tangannya.

Bermain di depan David Luiz dan Antonio Rüdiger, Jorginho mampu menjalankan tugasnya di lapangan dengan sangat baik. Untuk saat ini, hanya IIkay Gundogan dan Fernandinho yang telah mengirim lebih banyak umpan akurat dari Jorginho dalam satu pertandingan Premier League. Membentuk kemitraan yang mengesankan dengan N’Golo Kante, Jorginho adalah orang yang menentukan kecepatan permainan timnya. (Sumber: 101greatgoals)

Penulis: Andrie Widyantoro/Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini