3 Persamaan Antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

Sepakbola.com – Selama bertahun-tahun, dunia sepak bola telah menyaksikan kehebatan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Dan walau keduanya terus-menerus dibandingkan satu sama lain, permainan mereka sangat berbeda.

Lionel Messi dikenal memiliki kemampuan menggiring bola yang sangat baik, dan ia cenderung menciptakan gol dengan memanfaatkan keuletannya itu. Sedangkan Ronaldo memiliki kemampuan fisik yang lengkap, dan lihai mencetak gol dengan menggunakan kaki maupun kepalanya. Namun tentu saja keduanya memiliki beberapa kesamaan, dan berikut adalah tiga di antaranya.

Bisa bermain di posisi berbeda

Ronaldo memulai kariernya di sayap kiri dan Messi di sayap kanan. Itu bukan posisi di mana mereka bermain sekarang. Kedua pemain ini senang bergerak dan mencari bola sesering mungkin yang mereka bisa.

Ronaldo telah bermain di sayap kanan dalam kurun waktu yang cukup lama. Messi, di sisi lain, telah pindah ke posisi tengah dan bermain sebagai gelandang serang untuk sementara waktu. Kedua pemain ini juga mampu bermain sebagai striker, dan mampu tampil tajam setiap saat.

Adil untuk mengatakan bahwa kedua pemain ini sangat fleksibel dan dapat beradaptasi untuk bermain di posisi yang berbeda yang sesuai dengan kebutuhan tim mereka.

Memiliki latar belakang serupa

Baik Messi maupun Ronaldo memiliki latar belakang yang sangat mirip. Kedua pemain ini berasal dari keluarga yang tidak kaya. Mereka mulai bermain di usia yang sangat muda dan merupakan bocah yang ajaib. Keduanya tidak cenderung mengejar jalur akademis dan lebih mengejar sepak bola sebagai karier potensial mereka.

Keduanya juga menghadapi kesulitan saat memulai karier sepak bola mereka. Ronaldo menderita masalah jantung dan Messi memiliki gangguan hormon pertumbuhan. Keduanya tidak membiarkan masalah itu menghentikan mereka untuk menjadi pemain terbaik di dunia. Selain itu, mereka berdua juga merupakan dua atlet yang paling laku di dunia.

Eksekutor penalti

Ronaldo sering dianggap sebagai pengambil penalti yang hebat. Messi, di sisi lain, dianggap sebagai pengambil penalti yang kurang impresif. Selain itu, sering dikatakan bahwa Ronaldo mengambil penalti jauh lebih banyak daripada Messi.

Statistik menunjukkan bahwa perbedaan mereka tidak begitu jauh. Hingga Juni 2018, 15,92 persen dari gol Ronaldo di sepanjang kariernya datang dari titik penalti. Sementara itu 13,97 persen dari gol Messi datang dari titik penalti. Perbedaan dari keduanya hanya sebesar 2 persen.

Di La Liga hingga Juni 2018, Messi memiliki tingkat konversi penalti sebesar 81,35 persen. Ronaldo, di sisi lain, memiliki tingkat konversi sebesar 85,91 persen. Ronaldo mengambil lebih banyak penalti dari Messi dan memiliki tingkat konversi yang lebih baik, tetapi perbedaannya tidak seekstrem seperti yang dikatakan orang. (Sumber: Sportskeeda)

Penulis: Andrie Widyantoro

Komentari Artikel Ini