Diego Costa Mundur Karena Alasan Pribadi, Spanyol Panggil Iago Aspas

Sepakbola.com, Madrid – Berita mengejutkan datang dari tim nasional Spanyol jelang UEFA Nations League. Striker utama Tim Matador Diego Costa memutuskan mundur.

Tidak dijelaskan secara rinci alasan dari bomber milik Atletico Madrid itu menarik diri, namun Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) menyatakan jika yang bersangkutan terkendala urusan pribadi. Alhasil satu slot di pos penyerang jadi kosong.

Penyerang Celta Vigo, Iago Aspas, kemudian ditunjuk oleh RFEF sebagai pengganti untuk Costa. Ia akan bersaing dengan Rodrigo Moreno juga Alvaro Morata dalam memperebutkan satu tempat di lini depan.

Aspas sebenarnya lebih dari pantas untuk berseragam La Furia Roja karena pemain 31 tahun tersebut kerap bersinar sejak pertama kali dipanggil medio 2016 silam. Total sudah ada 13 caps dan enam gol yang sudah dikoleksi oleh mantan pemain Liverpool dan Sevilla ini.

Salah satu dari tiga gol internasionalnya pada 2018 terjadi di ajang Piala Dunia 2018 lalu. Kala Spanyol menghadapi Rusia di partai penyisihan grup Aspas mencetak lesakan penyeimbang setelah negaranya sempat tertiggal 1-2 dari Maroko.

Performa Aspas juga cukup oke di La Liga sejauh ini. Dari tiga jornada ia menyarangkan satu gol. Gol tersebut ia peruntukkan ke gawang Atletico Madrid akhir pekan lalu. Celta pun menang dengan skor 2-0 di Estadio Balaidos.

[VIDEO] CUPLIKAN GOL Celta Vigo 2-0 Atletico Madrid: Noda Pertama Los Rojiblancos

Sementara itu bagi Costa langkahnya untuk mundur secara mendadak merupakan kerugian besar. Itu karena saat ini Spanyol sedang memulai era baru bersama Luis Enrique dan sebenarnya ia dipercaya untuk ambil bagian.

Jika dipanggil kembali di masa yang akan datang, Costa akan tertinggal dari koleganya yang sudah lebih dulu memahami taktik Enrique. Posisinya sebagai mesin gol utama Tim Matador bisa saja kembai digusur oleh Morata kembali atau bahkan Rordrigo dan Aspas.

Di kompetisi UEFA Nation League, Spanyol tergabung dengan Inggris dan Kroasia di League A Grup 4. Baik The Three Lions dan The Blazers sukses menggapai empat besar di Rusia. Dua partai pada 8 dan 12 September ini akan jadi tempat yang pas bagi Enrique untuk menetapkan dasar tim. (Sumber: Four Four Two, ESPN)

Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama/Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini