Julukan ‘Neymar Inggris’ Pantas Diberikan Pada Youngtster Dortmund Ini

Sepakbola.com, London – Potensi yang dimiliki oleh Jadon Sancho saat ini dianggap begitu besar meski usianya baru 18 tahun. Jika tumbuh dengan baik maka winger muda Borussia Dortmund ini bisa menjadi bintang untuk negaranya, Inggris.

Pendapat ini dicetuskan oleh Dan Micciche yang merupakan pelatih Sancho saat memperkuat Inggris U16. Micciche bahkan percaya jika mantan anak asuhnya tersebut bisa menjadi jelmaan kapten sangara Brasil, Neymar Jr, dan membantu The Three Lions berprestasi.

Ini dikarenakan selain skill mumpuni di atas lapangan, Sancho memiliki modal mental yang kuat dan berani mengambil risiko. Buktinya di usia remaja ia sudah berani merantau ke negara lain demi karier di saat kebanyakan pemain Inggris senior yang nyaman tampil di kandang sendiri.

“Jadon adalah pemain yang mirip dengan Neymar. Jika diberi kebebasan maka permainannya akan sulit ditebak. Lagipula keduanya sama-sama beroperasi di sisi kiri,” beber Micciche pada The Guardian.

“Liukannya di lapangan memanjakan mata namun tetap memberi hasil nyata layaknya Neymar. Ia akan berusaha berkreasi namun sadar jika sepak bola bukan kontes kecantikan. Melakukan trik untuk sekedar pamer bukan gaya Jadon,”

“Mentalnya sangat kuat. Ia berani mencoba negara lain. Itu bukan hal mudah karena butuh disiplin dan pengorbanan besar. Di setiap level Jadon sudah membuktikan jika ia punya sesuatu untuk ditunjukkan,” pungkas eks bos Milton Keynes Dons ini.

Kiprah Sancho di Bundesliga bersama Dortmund sejauh ini cukup baik setelah bergabung dari akademi Manchester City pada musim panas 2017 lalu. Walau tidak secara otomatis menembus starting XI namun perkembangan tetap ditunjukkan olehnya.

Di musim perdana Sancho yang juga dimainkan di tim akademi Die Borussen mampu mendapatkan kesempatan tampil 12 kali di kasta teratas sepak bola Jerman. Alhasil pemain berdarah Trinidad and Tobago ini bisa mengemas satu gol. Tidak sia-sia Dortmund memberinya nomor punggung 7 yang identik dengan pemain penting.

Pada 2018/2019 satu assist sudah dikantongi walau baru bermain sekali di Bundesliga sebagai pengganti, tepatnya saat Dortmund jumpa RB Leipzig di spieltag pembuka. Ini tentunya jadi sinyal bagus bagi Sancho terutama Lucien Favre yang jadi pelatihnya saat ini gemar mengorbitkan para youngster berbakat. (Sumber: Sky Sports)

Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama/Editor: Setyo Bagus Kiswanto

Komentari Artikel Ini