Klasemen UEFA Nations League Liga A 12 September 2018

Spanyol bangkit di UEFA Nations League 2018-2019 pasca hasil mengecewakan di Piala Dunia 2018 sementara Kroasia dan Islandia menurun.

Sepakbola.com – Spanyol memenangi dua pertandingan UEFA Nations League alias Liga Antar Negara Eropa 2018-2019. Tergabung di Grup 4, Spanyol menang di laga tandang kontra Inggris dan laga kandang kontra Kroasia. Modal enam poin yang dikumpulkan Tim Matador membuka peluang menjuarai Grup 4 utuk lolos ke babak semifinal.

KLASEMEN UEFA NATIONS LEAGUE Liga B September 2018

Skor telak enam gol tanpa balas yang diraih Spanyol saat menjamu Kroasia menjadi sebuah kejutan terbesat di dua matchday awal UEFA Nations League. Ini bertolak belakang dengan penampilan di Piala Dunia saat Kroasia tampil bagus sementara Spanyol justru tak maksimal.

Klasemen UEFA Nations League Liga A Grup 4

Klasemen UEFA Nations League Liga A Grup 4 September 2018
Klasemen UEFA Nations League Liga A Grup 4 September 2018

Kejutan lain yang terjadi hingga matchday kedua UEFA Nations League adalah tak berdayanya Islandia. Dua kali pasukan Our Boys menderita kekalahan telak saat bertandang ke Swiss dan menjamu Belgia. Islandia yang terkenal dengan permainan solid dan ertahanan rapat telah digelontor sembilan gol dan belum mencetak satu gol pun.

Alhasil Islandia sementara berada di dasar klasemen Liga A Grup 2. Sementara Swiss memuncaki tabel dengan keunggulan selisih gol atas Belgia.

Klasemen UEFA Nations League Liga A Grup 2

Klasemen UEFA Nations League Liga A Grup 2 September 2018
Klasemen UEFA Nations League Liga A Grup 2 September 2018

Sementara di Grup 1 dan Grup 3 tak terjadi kejutan berarti. Prancis memimpin Grup 1 dengan empat poin hasil sekali seri dan sekali menang. Jerman yang baru bermain sekali mengkuti di belakang dengan koleksi satu poin sementara Belanda yang belum mendulang poin berada di dasar klasemen.

Kekuatan tiga kontestan Liga A Grup 1 tak terlihat berbeda jauh. Terlohat dari hasil imbang tanpa gol saat Jerman menjamu Prancis dan skor ketat 2-1 saat Prancis menjamu Belanda.

Klasemen UEFA Nations League Liga A Grup 1

Klasemen UEFA Nations League Liga A Grup 1 September 2018
Klasemen UEFA Nations League Liga A Grup 1 September 2018

Di Grup 3 Portugal memimpin klasemen dengan kemenangan tipis 1-0 saat menjamu Italia. Sementara laga lain berakhir imbang saat Italia menjamu Polandia. Jumlah pertandingan masing-masing tim memang berbeda mengingat jumlah negara peserta dalam satu grup ganjil, tiga kontestan.

Klasemen UEFA Nations League Liga A Grup 3

Klasemen UEFA Nations League Liga A Grup 3 September 2018
Klasemen UEFA Nations League Liga A Grup 3 September 2018

Meski berstatus kompetisi resmi, masing-masing negara banyak melakukan rotasi pemain. Setiap tim perlu menyiapkan diri menghadapi Kualifikasi EURO 2020 akan digelar antara 21 Maret 2019 – 31 Maret 2020.

Catatan:

  • Setiap tim dalam grup akan saling bertemu dalam format kandang dan tandang.
  • Juara masing-masing grup akan lolos ke semifinal.
  • Peringkat terbawah grup akan terdegradasi ke Liga B di musim berikutnya.
  • Juara grup juga berpeluang mendapat tiket lolos ke EURO 2020 lewat jalur play off, andai tak lolos lewat kualifikasi. 

Komentari Artikel Ini