Liverpool Jalani Musim Terbaik Sejak Terakhir Kali Juara 1990

Sepakbola.com, Liverpool – Musim ini Liverpool menjalani kampanye terbaik mereka sejak terakhir kali memenangkan gelar pada 1990, menurut mantan manajer mereka, Graeme Souness.

Rekor 100 persen hingga pekan keempat di Premier League telah menempatkan Liverpool di puncak klasemen. Mereka berada pada titik terbaik untuk mengakhiri puasa gelar dan memenangi trofi Premier League pertama sepanjang sejarah.

Faktor yang membuat The Reds tampil solid, Souness merasa pembelian Alisson Becker dan Virgil van Dijk menjadi investasi paling krusial. Mereka meningkatkan kualitas pertahanan tim asuhan Jurgen Klopp dimana mereka sejauh ini baru kemasukan satu gol.

Mantan kapten Liverpool, Souness, yakin skuat saat ini lebih baik selama 28 tahun terakhir. Mereka mendukung The Reds untuk bisa bersaing dalam perburuan gelar secara konsisten.

“Van Dijk telah membuat perbedaan besar,” katanya kepada Sky Sports News. “Orang-orang mengatakan satu pemain tidak bisa membuat perbedaan itu, tetapi dia punya, dia menempatkan semua orang di sekelilingnya.

“Jika Anda melihat barisan pertahanan Liverpool, mereka mungkin bisa bersama selama 10 tahun, terutama kiper yang menjadi sosok kuncinya.”

“Anda punya dua bek muda di Trent Alexander-Arnold dan Andrew Robertson, Joe Gomez dan Van Dijk; mungkin ada 10 tahun bermain bersama di sana.

“Jika Anda punya itu, stabilitas akan tercipta. Jika Anda mendapatkan hak itu, Anda tidak memberikan tujuan yang buruk, Anda percaya satu sama lain, maka orang-orang di ujung lain dapat menjiplak Anda ketika Anda bertahan dengan benar.”

“Liverpool sekuat yang aku ingat, kembali ke saat mereka memenangkan liga terakhir kali. Ini adalah grup terkuat yang mereka miliki sejak saat itu.”

Ditanya apakah ini menjadi awal cemerlang dominasi Liverpool selama 10 tahun, Souness menyebut ada banyak pesaing Si Merah yang bisa menghambat pengulangan masa keemasan mereka.

“Tidak ada yang akan mendominasi selama 10 tahun,” tambahnya. “City tidak akan mendominasi selama 10 tahun. Mereka mungkin memenangkan piala tetapi Anda tidak akan memenangkan liga atau Piala Eropa setiap tahun.”

“Saat ini City dan Liverpool adalah dua tim yang sangat kuat dan merupakan favorit untuk Liga Premier.”

“Tapi Anda tidak bisa mencoret Chelsea dari itu dan Manchester United bisa menghabiskan belanja untuk pemain hebat dan mereka bisa menantang lagi.” tukasnya. (Sumber: Sky Sports)

Penulis: Maulana Habibi/Editor: Setyo Bagus Kiswanto

Komentari Artikel Ini