PREDIKSI Inggris vs Spanyol: Saatnya ‘Move On’ Dari Piala Dunia

Sepakbola.com, London – Bendera kompetisi baru UEFA Nations League akhirnya dikibarkan. Negara-negara yang tergabung di federasi Eropa akan saling beradu dalam ajang yang melibatkan sistem degradasi dan promosi ini, termasuk Inggris dan Spanyol yang akan berduel pada Minggu (9/9) mendatang di Wembley. Siapakah yang bisa mewarnai matchday pertamanya dengan tripoin? Simak prediksi Inggris vs Spanyol berikut ini.

Walaupun tergabung dalam League A Grup 4 yang juga beranggotakan Spanyol dan Kroasia, namun Inggris terbilang tim yang paling semringah menyongsong ajang ini. Pasalnya di tangan manajer Gareth Southgate mereka tengah membentuk generasi emas baru. Percobaan ini terbukti meraih hasil oke di Piala Dunia 2018 lalu.

Walau datang dengan skuat hijau minim pengalaman namun The Three Lions justru melebihi ekspektasi orang kebanyakan. Di Rusia, Harry Kane Cs sanggup mengapai semi final dan membawa pulang predikat posisi keempat di bawah Perancis, Kroasia, dan Belgia. Andai susunan pemain yang sekarang dapat dipertahankan dan diasah maka bukan tidak mungkin puasa gelar sejak 1966 akan segera diakhiri.

Berbanding terbalik dengan sang lawan, Spanyol justru mengisi musim panas dengan pengalaman pahit. Meski berpredikat salah satu unggulan namun mereka justru hanya bisa menggapai babak 16 besar. Pergantian pelatih secara mendadak dari tangan Julen Lopetegui ke Fernando Hierro disebut jadi penyebab utamanya.

Maka dari itu La Furia Roja langsung berbenah untuk menghadapi UEFA Nations League dan kualifikasi turnamen-turnamen lain. Salah satu langkahnya adalah dengan menunjuk Luis Enrique sebagai entrenador. Berbekal sukses saat masih menukangi Barcelona sampai dua tahun silam pria yang juga pernah membela Spanyol ini diharapkan bisa menuliskan lagi sejarah emas.

PEMAIN KUNCI

Harry Kane

PREDIKSI Inggris vs Spanyol: Harry Kane

Sebagai perebut titel sepatu emas Piala Dunia 2018 dengan enam gol, Kane jelas akan menyedot banyak perhatian di ajang ini. Lagipula ia adalah kapten Inggris generasi baru arahan Southgate. Ia bisa jadi ancaman bagi pertahanan Spanyol mengingat sejauh ini musimnya berjalan dengan baik. Bersama Tottenham Hotspur bomber 25 tahun ini sudah tampil di empat pekan Premier League dan mengumpulkan dua gol plus satu assist.

David De Gea

PREDIKSI Inggris vs Spanyol: David de Gea

Status sebagai kiper utama Spanyol saat ini sebaiknya jangan sampai membuat De Gea terlena, mengingat dalam beberapa waktu ke belakang performanya tidak begitu baik. Selain kemasukan enam gol dan kalah di adu penalti saat menjalani Piala Dunia, stopper 27 tahun ini juga belum menemukan bentuk terbaik di Manchester United. Sudah empat pekan Premier League berjalan namun ia baru mengantongi satu clean sheet. Mengenal banyak pemain Inggris, De Gea diharapkan bisa jadi bintang di Wembley. Jika tidak Kepa Arrizabalaga dan Pau Lopez siap menggantikannya.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Inggris hanya akan membawa 21 pemain ke Wembley setelah Adam Lallana dan Raheem Sterling terpaksa absen karena cedera. Meski demikian formula 3-5-2 andalan Gareth Southgate yang sukses di Rusia lalu tampaknya masih akan diipertahankan walau dengan komposisi yang berbeda.

Di lini belakang Joe Gomez dan James Tarkowski mungkin bisa ambil bagian. Luke Shaw yang baru dipanggil kembali juga punya kans menggusur Danny Rose di pos wingback kiri. Ketiadaan Sterling dan pensiunnya Jamie Vardy membuat Kane tampaknya akan berduet dengan Marcus Rashford di baris terdepan.

Sementara Spanyol juga punya sejumlah rekonstruksi pasca gantung sepatunya Andres Iniesta, Gerard Pique, dan David Silva. Thiago Alcantara, Saul Niguez, dan Nacho Fernandez sepertinya akan langsung menembus starting XI. Alvaro Morata juga akan kembali ke lini serang setelah Diego Costa mundur karena alasan pribadi.

Untuk posisi bek kiri Marcos Alonso dan Jose Gaya akan punya persaingan terbuka. Selagi Jordi Alba tidak ada maka dua pemain minim jam terbang internasional itu akan leluasa mencari perhatian Enrique.

Prediksi Inggris XI (3-5-20): Jordan Pickford, Harry Maguire, John Stones, Kyle Walker, Luke Shaw, Dele Alli, Jordan Henderson, Jesse Lingard, Kieran Trippier, Marcus Rashford, Harry Kane

Prediksi Spanyol XI (4-3-3): David de Gea, Marcos Alonso, Sergio Ramos, Nacho Fernandez, Dani Carvajal, Thiago Alcántara, Sergio Busquets, Saul Ñíguez, Isco Alarcon, Alvaro Morata, Marco Asensio

PREDIKSI SKOR

Jika ingin mendapatkan hasil terbaik di laga ini, kedua tim selayaknya melupakan capaian mereka di Piala Dunia lalu. Inggris harus mengesampingkan performa positif mereka untuk mengindari rasa jemawa sedangkan Spanyol akan meraih kepercayaan diri bila berpaling dari hasil negatif.

Sejak 1929 sudah ada 25 duel antara Inggris kontra Spanyol. Tim Tiga Singa memang unggul dengan koleksi 13 kemenangan dan tiga imbang, namun Tim Matador lebih sering tertawa di era modern. Dalam enam pertandingan terbaru Spanyol bisa menggenggam empat kemenangan plus satu seri. Ini tentunya bukan statistik yang ingin didengar kubu tuang rumah.

Namun sejak Maret 2016 tribun Wembley bisa jadi benteng kokoh bagi Inggris. Dari 14 laga kandang yang dihelat disana St. George’s Cross tidak terkalahkan sama sekali dan mendapatkan sepuluh kemenangan. Tim terakhir yang bisa menodai mereka di stadion berkapasitas lebih dari 80.000 orang itu adalah Belanda.

Itu akan membuat Spanyol waspada mengingat di sembilan partai terbaru mereka hanya ada tiga kemenangan. Rekor tidak pernah kalah di waktu normal sejak Piala Eropa 2016 memang impresif, namun masih perlu diperbaiki.

Sepakbola.com memprediksikan hasil imbang untuk big match yang satu ini. Mengingat Inggris mendapat sejumlah pemain cedera dan Spanyol masih harus beradaptasi dengan sistem baru, maka skor 1-1 menjadi hasil ideal.

Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama/Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini