PREDIKSI Newcastle United vs Arsenal: The Magpies Lanjutkan Periode Kritis?

Sepakbola.com, Newcastle – Mampukah The Magpies keluar dari krisis dengan memanfaatkan dukungan publik St. James’ Park pada Sabtu (15/9) mendatang? Simak prediksi Newcastle United vs Arsenal berikut.

Tertanam di papan bawah klasemen sementara Premier League dengan satu poin jelas membuat Newcastle United adalah salah satu tim terburuk sejauh ini namun tampaknya mereka masih akan kesulitan untuk bangkit karena Arsenal yang tengah coba unjuk konsistensi akan jadi lawan mereka di pekan kelima.

Pepatah yang mengatakan jika keajaiban tidak terulang dua kali sepertinya memang benar jika kita melihat kondisi Newcastle saat ini. Pasca sukses mengamankan finis 10 besar tepat setelah promosi pada 2017/2018 lalu dengan modal minim, kini The Magpies justru terancam sial. Memilih pelit pada bursa transfer musim panas lalu, mereka harus rela mengawali liga dengan keterpurukan.

Mendapat tiga kekalahan dan satu imbang di empat pekan perdana sudah menjadi konsekuensi yang harus diterima saat mereka tidak bisa membelanjakan lebih dari 20 juta Poundsterling. Manajer Rafa Benitez sama sekali tidak bisa disalahkan karena ia sudah berusaha sekuat tenaga menutupi ‘dosa’ Mike Ashley selaku owner dengan racikan strategi jitu. Jika keadaan tidak berubah dan petinggi enggan merencanakan transfer pada Januari mendatang maka jangan heran jika relegasi harus kembali dialami.

Sementara itu Arsenal dengan perlahan tapi pasti menunjukkan jika yang namanya transisi itu butuh kesabaran hati. Memang saat melawan Manchester City dan Chelsea di dua pekan perdana mereka harus kalah, namun Unai Emery sang gaffer anyar tidak boleh sepenuhnya disalahkan. Ia baru mengenal para pemainnya dan lawan yang dihadapi langsung berlevel tinggi.

Tidak heran saat dihadapkan dengan West Ham United dan Cardiff City di dua gameweek terakhir Arsenal bisa sedikit menepuk dada karena bisa memanen poin penuh enam. Jika Emery dan para pasukannya mendapatkan dukungan penuh dari para suporter juga petinggi maka besar kemungkinan hasil yang lebih positif bisa diraih. Patut diingat jika juru taktik asal Spanyol tersebut dikontrak selama dua tahun oleh The Gunners dan bukannya tiga bulan.

PEMAIN KUNCI

DeAndre Yedlin

Memasuki musim keduanya di Premier League dalam balutan jersey Newcastle nampaknya sudah membuat Yedlin makin terbiasa saja dengan lingkugannya. Setelah musim lalu bermain 34 kali tanpa gol sama sekali, fullback ofensif berkebangsaan Amerika Serikat ini tercatat sudah mengantongi satu lesakan plus satu assist hanya dari tiga pekan pertama di 2018/2019. Makin terasa spesial karena tim besar seperti Chelsea dan City yang jadi targetnya. Jika bisa konsisten maka Yedlin dapat jadi joker mematikan yang menguntungkan Newcastle.

Alexandre Lacazette

Satu gol dan assistnya kala membantu Arsenal menang atas Cardiff City di pekan keempat lalu membuat Lacazette punya bukti jika timnya punya kans lebih besar andai ia dan Pierre-Emerick Aubameyang ada di lapangan secara bersamaan. Plus penyerang Prancis ini menunjukkan ia pantas dijadikan starter oleh Emery yang sebelum tandang ke Cardiff sudah tiga kali memasukkanya dari bench. Memasuki musim keduanya di Premier League tentunya sudah membuat Lacazette lebih berpengalaman ketimbang 2017/2018 lalu.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Newcastle United (5-4-1): Martin Dubravka, Paul Dummett, Ciaran Clark, DeAndre Yedlin, Kenedy, Jonjo Shelvey, Mohamed Diamé, Jacob Murphy, Solomon Rondón

Arsenal XI (4-2-3-1): Petr Cech, Nacho Monreal, Sokratis Papa, Shkodran Mustafi, Hector Bellerín, Granit Xhaka, Matteo Guendouzi, Pierre-Emerick Aubameyang, Aaron Ramsey, Henrikh Mkhitaryan, Alexandre Lacazette

PREDIKSI SKOR

Boleh dibilang Newcastle adalah salah satu lawan favorit Arsenal di ajang Premier League. Pasalnya setelah Everton (32), West Ham United (29), The Magpies sudah kalah 26 kali di hadapan The Gunners. Ini yang membuat Sepakbola.com cukup condong menjagokan kubu tamu di kesempatan kali ini.

Namun yang namanya sepak bola tidak selalu bisa ditebak hanya dengan statistik. Setiap pertandingan selalu dimulai dengan skor sama kuat, 0-0. Menurut kami Newcastle tidak sepenuhnya nihil peluang untuk menang apalagi pada pertemuan terakhir di St. James’ Park di April 2018 lalu mereka menang dari Arsenal 2-1.

Meski tampak terlalu defensif dan ‘tidak indah’ di depan mata namun skema 5-4-1 andalan Benitez saat ini bisa mengikis gap kekuatan terutama dengan tim yang lebih superior. Buktinya The Toon Army musim ini di liga belum pernah kalah dengan marjin lebih dari 2-1 walau telah berjumpa Tottenham, Chelsea dan City.

Sebaliknya walau tampak bisa menang di bawah Emery, Arsenal masih sejumlah lubang yang dapat diekspos. Salah satunya adalah ketidakmampuan untuk menjaga gawang mereka tetap perawan. Dari empat pekan sarang Petr Cech sudah kemasukan delapan gol atau rata-rata dua gol per 90 menit.

Karena alasan inilah Sepakbola.com merasa jika hasil imbang dengan skor setidaknya 1-1 akan jadi hasil partai ini. Newcastle memang inferior di hadapan Arsenal namun jika mampu mengulangi penampilan gigih mereka belakangan ini maka mengais satu poin bukan hal mustahil.

Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama/Editor: Setyo Bagus Kiswanto

Komentari Artikel Ini