PREDIKSI Spanyol vs Kroasia: Misi Rusak Debut Kandang Luis Enrique

Sepakbola.com, Alicante – Spanyol akan melakoni laga kedua di UEFA Nations League, dengan menghadapi tantangan berat dari finalis Piala Dunia, Kroasia, di Martinez Valero Stadium, Rabu (12/9) dini hari WIB. Akankah ini menjadi kemenangan kedua tim Matador di bawah asuhan Luis Enrique, atau the Blazers yang mencuri kemenangan?

Spanyol sukses mencuri poin penuh saat mengalahkan Inggris di laga pembuka Liga Nations dengan skor 2-1 di Wembley. Hasil ini untuk sementara membuat La Furia Roja menduduki puncak klasemen Liga A Grup 4.

Kemenangan itu memberi kesan manis, karena itu terjadi di laga debut kompetitif Luis Enrique sebagai manajer. Mantan entrenador Barcelona itu masuk menggantikan posisi Julen Lopetegui yang dipecat sebelum Piala Dunia karena menerima pinangan dari Real Madrid.

Potensi kesulitan akan dihadapi pasukan Enrique, karena lawan yang datang merupakan finalis Piala Dunia lalu yakni Kroasia. Mereka memiliki kepercayaan diri tinggi, kendati harus beradaptasi lagi dengan atmosfer yang berbeda tentunya, juga dengan melawan rasa trauma.

Persiapan dilakukan skuat asuhan Zlatko Dalic dengan menggelar laga uji coba melawan Portugal. Namun pertandingan itu berakhir dengan skor sama kuat, dan tantangan berat selanjutnya menghadapi sekutu Iberia Seleccao das Quinas, Spanyol. Mampukah Luka Modric cs merusak laga debut Luis Enrique di kandangnya?

PEMAIN KUNCI

Sergio Ramos

PREDIKSI Spanyol vs Kroasia: Sergio Ramos

Satu nama yang selalu menghiasi lini belakang Spanyol sejak memenangi Piala Eropa 2008 lalu ialah Sergio Ramos. Ia selalu masuk daftar skuat yang dipanggil, dengan empat pelatih berbeda. Dia adalah sosok pemimpin sejati, dan kecerdasannya memanfaatkan momen dan situasi menjadi nilai plus. Sorotan tajam akan tertuju kepadanya, karena dia akan mendapat perlawanan sengit dari rekan setimnya di Real Madrid Luka Modric, yang menjadi jenderal lapangan Kroasia. Menarik ditunggu pertarungan yang satu ini.

Luka Modric

PREDIKSI Spanyol vs Kroasia: Luka Modric

Kapten, pemimpin, sosok paling berpengaruh, semua melekat pada diri Luka Modric. Ya, dia adalah salah satu pemain paling penting yang membuat Kroasia berhasil melaju ke final Piala Dunia. Bukti konkretnya dia meraih Golden Ball di final Rusia, dan dinobatkan sebagai pemain terbaik Eropa beberapa waktu lalu. Seperti yang sudah disebutkan, Modric akan menghadapi beberapa rekan setimnya di Madrid ketika melawan Spanyol. Mencetak gol atau membantu timnya Kroasia menang di tanah Iberia sangat diharapkan pendukung setia Blazers.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN SPANYOL VS KROASIA

Spanyol XI (4-3-3): De Gea; Marcos Alonso, Sergio Ramos, Nacho Monreal, Daniel Carvajal; Saul Niguez, Sergio Busquets, Thiago Alcantara; Isco, Iago Aspas, Rodrigo

Kroasia XI (4-2-3-1): Dominik Livakovic; Barisic, Domagoj Vida, Mitrovic, Sime Vrsaljko; Mateo Kovacic, Milan Badelj; Ivan Perisic, Luka Modric, Ivan Rakitic; Mario Mandzukic

PREDIKSI SKOR

Keduanya sudah bertemu empat kali mulai dari tahun 2000. Spanyol unggul dengan catatan dua kemenangan dan hanya sekali kalah dari Kroasia. Tapi kekalahan itu terjadi di Piala Eropa pada 21 Juni 2016, dan kekuatan pasukan Dalic tak bisa dianggap sebelah mata lagi.

Gaya tiki-taka ciri khas Spanyol kemungkinan besar masih akan tetap melekat, namun pertanyaannya apakah mereka mampu menjaga ritme kemenangan sebelumnya, atau kecanggungan dengan taktik baru Enrique masih terasa.

Maka dari itu, dengan semangat spartan Kroasia, Sepakbola.com memprediksi mereka akan merusak debut kandang Enrique, dengan menggondol kemenangan 1-0. Bagaimana dengan prediksi Anda?

Penulis: Maulana Habibi/Editor: Setyo Bagus Kiswanto

Komentari Artikel Ini