[VIDEO] CUPLIKAN GOL Inggris 1-2 Spanyol: La Furia Roja Berjaya

Sepakbola.com, London – Usai kampanye yang buruk di Piala Dunia 2018 lalu Spanyol yang memulai era baru bersama Luis Enrique akhirnya mencatat start apik di UEFA Nations League. Bertamu ke markas Inggris, Wembley, Minggu (9/9) dini hari, La Furia Roja sukses menang 1-2 usai tertinggal lebih dulu.

Kemenangan atas semifinalis Piala Dunia lalu itu membuat Spanyol praktis berhak memimpin perolehan poin di Liga A Grup 4 yang juga dihuni Kroasia. Sebaliknya Inggris sang Tiga Singa otomatis menjadi juru kunci untuk sementara.

Inggris sebenarya memiliki start baik usai mampu menggetarkan gawang Spanyol yang dikawal David de Gea pada menit ke-11. Gol tercipta setelah umpan terobosan nan akurat dari Luke Shaw mampu diselesaikan dengan baik oleh Marcus Rashford di kotak enam yard, meski dihalangi oleh Nacho Fernandez. Ini adalah gol Inggris pertama buah kombinasi dua pemain Manchester United sejak 2012 silam.

Sayang keunggulan The Three Lions hanya bertahan dua menit karena kubu tamu langsung bisa merespons dengan baik. Dani Carvajal tampak tidak kesulitan menemukan Rodrigo Moreno dengan umpannya di kotak penalti Inggris dan selanjutnya bola dikembalikan ke tengah dimana Saul Niguez langsung menyonteknya ke dalam gawang Jordan Pickford. Ini adalah gol perdana gelandang Atletico Madrid itu di level timnas senior.

Gol pembalik kedudukan yang dicari Spanyol kemudian tercipta pada menit ke-32 lewat situasi bola mati di sisi kanan pertahanan Inggris. Meloloskan diri dari penjaganya di kotak penalti, Rodrigo hanya butuh sentuhan lembut untuk membuat bola crossing kembali bersarang di gawang Pickford.

Rashford nyaris membuat gol keduanya di menit ke-36. Bermula dari umpan lambung cerdik Jesse Lingard ke kotak penalti Spanyol, Rashford mampu menjangkaunya dengan kepala namun De Gea justru menjadikan situasi ini ajang untuk pamer penyelamatan gemilang. Skor 1-2 bertahan hingga jeda.

Permulaan babak kedua sudah menjatuhkan kesialan bagi sang tuan rumah. Shaw yang tampil impresif di 45 menit pertama harus ditandu dengan bantuan tabung oksigen setelah tak sadarkan diri akibat benturan dengan Dani Carvajal. Beruntung bek kiri yang kemudian digantikan oleh Danny Rose di menit ke-54 itu dikabarkan segera siuman.

Inggris punya kesempatan kesekian untuk menyamakan skor di menit ke-81 namun lagi-lagi gagal dimaksimalkan. Harry Kane yang coba memanfaatkan bola rebound Rashford menggunakan tendangan voli justru meleset dari sasarannya di sudut sulit.

Menit keenam injury time babak kedua Inggris akhirnya bisa membuat jala gawang Spanyol berdesir lagi setelah Danny Welbeck yang dipanggil dari bangku cadangan memenangi duel perebutan bola dengan De Gea sebelum melakukan tap in mudah. Sayang wasit menganulir gol ini setelah menilai Welbeck lebih dulu melanggar eks rekannya di MU tersebut. Angka di papan skor kemudian tidak berubah sata tiba waktunya peluit panjang dibunyikan.

SUSUNAN PEMAIN

Inggris XI (3-1-4-2): Jordan Pickford, Joe Gomez, John Stones, Harry Maguire, Jordan Henderson, Kieran Trippier, Jesse Lingard, Dele Alli, Luke Shaw, Marcus Rashford, Harry Kane

Cadangan: Alex McCarthy, James Tarkowski, Kyle Walker, Eric Dier, Fabian Delph, Danny Welbeck, Jack Butland, Ruben Loftus-Cheek, Trent Alexander-Arnold, Marcus Bettinelli, Danny Rose

Spanyol XI (4-3-3): David De Gea, Dani Carvajal, Nacho, Sergio Ramos, Marcos Alonso, Thiago, Sergio Busquets, Saúl Ñíguez, Rodrigo Moreno, Iago Aspas, Isco

Cadangan: César Azpilicueta, José Gayá, Álvaro Morata, Raúl Albiol, Marco Asensio, Pau López Sabata, Sergi Roberto, Iñigo Martínez, Daniel Ceballos, Kepa Arrizabalaga, Suso, Rodrigo Hernández Cascante

Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama

Komentari Artikel Ini