4 Alasan Liverpool Bisa Juarai Premier League Musim Ini

Liverpool belum terkalahkan hingga pekan ke-10 Liga Inggris. Delapan kali menang dan imbang dua kali dengan mencetak 16 gol dan kebobolan empat gol.

Sepakbola.com, Liverpool – Liverpool tampil sangat baik di kompetisi Premier League musim ini. Mereka untuk sementara bersaing dengan Manchester City di puncak klasemen dan terus menunjukkan performa meyakinkan.

Di pertandingan terakhir, Liverpool berhasil meraih kemenangan besar atas Cardiff City. Kemajuan yang mereka tunjukkan telah berjalan dengan stabil selama beberapa musim terakhir, dan ada alasan untuk percaya bahwa ini adalah musim di mana Liverpool akhirnya bisa mengakhiri penantian panjang mereka untuk menjuarai Premier League. Berikut empat alasan mengapa Liverpool bisa sukses di Premier League musim ini.

Mo Salah tampak kembali temukan performa terbaik

Nominasi Ballon d'Or 2018 Mohamed Salah Liverpool
Mohamed Salah – Liverpool

Salah memang telah kembali menemukan performa puncaknya saat ini. Dia telah mencetak gol di tiga pertandingan yang ia jalani sejak jeda internasional. Ia mencetak satu-satunya gol dalam kemenangan 1-0 Liverpool atas Huddersfield, sebelum mendapatkan dua gol saat Liverpool menang 4-0.

Melawan Cardiff, Salah berada dalam kondisi terbaiknya. Ia membuka skor di awal pertandingan, dan memberikan sepasang assist untuk Mane dan Shaqiri. Jika Liverpool ingin mencapai sesuatu yang berharga musim ini, maka Salah akan menjadi pusat dari rencana mereka.  Ia memang memulai musim dengan buruk, kini ia telah kembali, dan bisa menjadi faktor penentu yang akan membantu The Reds mengangkat titel EPL.

Ada perbaikan di lini pertahanan

Sebelumnya, Liverpool memiliki para pemain seperti Dejan Lovren, Joel Matip, Alberto Moreno, Ragnar Klavan (kini di Cagliari), dan para pemain lainnya di lini pertahanan. Mereka memang pemain yang bagus, namun Klopp tampak kurang memiliki sosok pemimpin di lini belakang timnya.

Dia berusaha untuk mengatasi ini dengan mendatangkan Virgil Van Dijk dari Southampton, dan akhirnya ia mendapatkan pemain asal Belanda itu pada bulan Januari dengan mengeluarkan biaya sebesar 75 juta pounds.

Kesepakatan itu awalnya diejek oleh banyak orang, karena diyakini bahwa Van Dijk tidak bisa menyelesaikan masalah pertahanan timnya, tetapi itu sama sekali salah. Liverpool memiliki pertahanan yang lebih stabil sejak kedatangan Van Dijk dan itu berdampak positif terhadap hasil yang mereka raih.

Liverpool sulit dikalahkan di Anfield

Manchester United Bertandang Ke Anfield

Liverpool tampil sangat tangguh di Anfield musim ini. Mereka saat ini telah menjalani 26 pertandingan tanpa menelan kekalahan di Anfield, dengan kekalahan terakhir mereka di kandang di Premier League terjadi pada bulan April 2017.

Liverpool telah mampu menciptakan 9 clean sheet secara berturut-turut di pertandingan kandang di Premier League, sebelum Callum Peterson mencetak gol untuk Cardiff City di pertandingan terakhir. Liverpool hanya kemasukan satu gol di kandang di Premier League musim ini, dan sejauh ini mereka memiliki salah satu pertahanan terbaik di liga.

Para pemain telah sepenuhnya menyerap metode Klopp

Jurgen Klopp membangun namanya sebagai ahli taktik yang cerdik di Bundesliga dengan karyanya di Mainz dan khususnya Borrussia Dortmund. Dia tiba di Anfield untuk menangani tim Liverpool yang berada dalam krisis. Mereka terhuyung-huyung dari efek penjualan Luis Suarez, dan sulit untuk menemukan kepercayaan diri mereka.

Pria berusia 51 tahun itu bekerja keras untuk mengimplementasikan ide-idenya ke dalam skuat, dan setelah periode awal yang goyah, kini timnya telah mampu menerapkakn skema bermainnya dengan sangat baik di lapangan.

Liverpool selalu mencoba untuk memenangkan bola kembali dengan lini serang mereka bertindak sebagai garis pertahanan pertama. Salah, Mane dan Firmino adalah penyerang yang sempurna untuk memainkan pola ini, dan mereka menyatu dengan sistem Klopp seolah-olah mereka telah menerapkan itu di sepanjang hidup mereka. (Sumber: Sportskeeda)

Penulis: Andrie Widyantoro/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini