4 Klub Top Eropa Yang Sedang Turun Performa

Sepakbola.com – Kompetisi liga di Eropa akan berhenti sejenak dengan kembali datangnya jeda internasional. Situasi di liga-liga besar Eropa berbeda satu sama lainnya. Di Italia, tim Juventus terus menunjukkan dominasi mereka. Pasukan Bianconeri tetap mampu meraih poin penuh di delapan pertandingan pertama musim ini.

Namun tak semua tim besar memiliki nasib bagus seperti Juventus. Ada beberapa tim yang memiliki performa mengecewakan belakangan ini, dan berikut adalah empat di antaranya.

Liverpool

Penurunan Performa klub top Eropa Bayern Munchen

Meskipun mereka belum merasakan kekalahan di Premier League musim ini, Liverpool gagal mempertahankan performa mereka seperti di awal musim, dan penampilan mereka di kompetisi lain juga tidak mengesankan.

The Reds gagal memenangkan satu pun dari empat pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi. Mereka mendapatkan dua kekalahan di pertandingan melawan Chelsea dan Napoli di Piala Carling dan Liga Champions UEFA, sementara itu mereka juga mendapatkan hasil imbang melawan The Blues dan Manchester City.

Bayern Munich

Penurunan Performa klub top Eropa Bayern Munchen
Joshua Kimmich Bayern Munchen

Pasukan Niko Kovac telah tampil tidak meyakinkan di Bundesliga Jerman sejauh ini. Mereka menelan kekalahan 3-0 yang memalukan di pertandingan melawan Borussia Monchengladbach dan 2-0 di pertandingan melawan Schalke 04. Sementara itu di pertandingan lainnya, mereka hanya menghasilkan empat kemenangan dan satu hasil imbang.

Sebagai hasil dari penampilan mereka yang biasa-biasa saja sejauh ini, Bayern Munich harus rela duduk di posisi ke-6 di liga domestik dengan hanya mendapatkan 13 poin dari 7 pertandingan. Itu tentu bukan merupakan awal yang baik bagi karier kepelatihan Niko Kovac di Allianz Arena.

Barcelona

Penurunan Performa klub top Eropa Bayern Munchen

Juara Spanyol itu telah melalui periode tanpa kemenangan di La Liga. Lionel Messi cs gagal untuk mencatat kemenangan di masing-masing empat pertandingan terakhir mereka di La Liga, dan menelan kekalahan mengejutkan dengan skor 2-1 di pertandinngan melawan Leganes, serta memiliki hasil imbang melawan tim seperti Girona, Athletic Bilbao, dan Valencia.

Kemerosotan Barcelona pun telah memberikan hak istimewa yang sangat besar kepada tim Basque, Sevilla, yang berhasil naik ke puncak klasemen La Liga dengan raihan16 poin dalam 8 pertandingan. Barcelona memang tidak tertinggal jauh, dengan raihan 15 poin, mereka menempati posisi kedua di klasemen. Namun jika tak segera memperbaiki performa mereka, Barcelona akan memiliki posisi yang semakin buruk.

Real Madrid

Penurunan Performa klub top Eropa Bayern Munchen

Los Blancos telah menjadi tim yang benar-benar berbeda sejak Cristiano Ronaldo pergi. Meskipun mereka berhasil memenangkan empat pertandingan pertama mereka di semua kompetisi musim ini, hasil bagus itu tidak bertahan lama karena mereka mulai menghadapi konsekuensi kehilangan pemain berpengaruh seperti CR7.

Pasukan Julen Lopetegui gagal menang dalam empat pertandingan terakhir mereka, di mana mereka menghasilkan tiga kekalahan dan hasil imbang di semua kompetisi. Bahkan yang lebih memalukan, mereka gagal mencetak gol di semua pertandingan itu. Hasil tersebut adalah pencapaian terburuk mereka sejak 2007. (Sumber: Sportskeeda)

Penulis: Andrie Widyantoro/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini