Posisi Loew Selalu Terusik, Kroos Pasang Badan Membela

Sepakbola.com, Berlin – Meski cuma mengantarkan posisi juru kunci di babak grup Piala Dunia 2018 untuk Jerman, namun figur Joachim Loew masih populer dalam kalangan pemain. Buktinya banyak yang berani pasang badan membela kala manajer Der Panzer dalam satu dekade terakhir tersebut banyak yang menginginkannya lengser.

Salah satunya adalah Toni Kroos yang membela Loew dari serangan kata-kata tajam seorang legenda Jerman, Michael Ballack. Ballack yang heran dengan keputusan federasi untuk tidak berganti pelatih justru balik diserangnya.

Menurut Kroos, Ballack yang sejatinya masih sempat ditukangi Loew pada Piala Eropa 2008 lalu itu hanya sedang menginginkan posisi sebagai pelatih kepala Jerman. Tentunya ini menunjukkan jika awak Die Mannschaft belum goyah akibat kegagalan di Rusia.

“Selau saja ada perbedaan pandangan namun itu hal biasa. Banyak yang bilang jika setelah keberhasilan besar waktunya bagi Anda untuk angkat kaki, namun tidak sedikit juga yang percaya pergi setelah kegagalan bukan langkah baik,” papar Kroos pada Deutsche Welle.

“Ide baru bisa selalu bermunculan walau pelatih tidak diganti. Michael Ballack mungkin menginginkan pergantian karena ia mau naik jabatan,”

“Aku percaya Jerman akan kembali ke jalur benar bersama Jogi (sapaan akrab Loew). Bertahun-tahun ia sudah membuktikan jika ia selalu bisa berkembang dan berkembang. Selau ada kemajuan stabil bersamanya,” tandas midfielder kreatif asal Real Madrid tersebut.

Jika ditarik ke belakang, sosok Ballack memang sempat punya intrik dengan Loew, tepatnya pada medio 2010 silam. Kala itu Ballack yang sudah berusia 32 tahun tidak kunjung pensiun dari timnas walau Loew sudah cukup lama menyingkirkannya dari daftar panggilan.

Barulah pada Juni 2011 Ballack resmi mengundurkan diri dari Tim Panzer usai cedera parah yang ia dapatkan saat bersama Bayer Leverkusen. Meski demikian, ia masih tidak terima dengan keputusan Loew untuk tidak lagi menggunakan tenaganya sejak penyisihan Piala Dunia 2010.

Tawaran dari federasi sepak bola Jerman untuk memberinya dua laga testimoni guna melengkapi caps agar genap berjumlah 100 pun ditolak Ballack. Setelah itu tidak ada yang tahu apakah hubungan eks bintang Chelsea tersebut dengan Loew sudah mendingin atau belum. (Sumber: Goal)

Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama/Editor: Setyo Bagus Kiswanto

Komentari Artikel Ini