Statistik Kunci Laga Pertaruhan Gengsi Liverpool vs Manchester City

Sepakbola.com, Liverpool – Pekan kedelapan Premier League bakal menyuguhkan duel menarik antara dua pimpinan klasemen sementara Liverpool menjamu Manchester City di Anfield, Minggu (7/10) malam WIB.

Pep Guardiola mengantarkan City meraih kesuksesan musim lalu, tapi kemenangan di Anfield akan terasa berbeda untuk mereka. Apalagi Jurgen Klopp memiliki rekor fantastis menghadapi Pep sejak perseteruan mereka di Bundesliga antara Borussia Dortmund dan Bayern Munchen.

Pasukan Klopp meraih tiga kemenangan menghadapi City musim lalu di Premier League dan Liga Champions. Meskipun pada akhirnya tim besutan Guardiola mengakhiri kompetisi Liga Inggris musim lalu dengan rekor mengesankan.

Kedua kubu saat ini berbagi poin di puncak klasemen dengan perolehan 19 poin. Baik Liverpool maupun City belum pernah menelan kekalahan di Premier League musim ini.

Mengingat betapa pentingnya laga ini, tentu tak akan mudah bagi juara bertahan meredam atmosfer Anfield yang sudah mengganggu mereka selama beberapa tahun terakhir.

Kondisi terkini

Liverpool harus kehilangan gelandang anyarnya, Naby Keita, yang nengalami masalah pada bagian jantungnya di pertandingan terakhir kontra Napoli di penyisihan grup Liga Champions. Adam Lallana dan Alex Oxlade-Chamberlain masih belum ikut serta karena cedera masing-masing.

Sementara itu Kevin De Bruyne masih belum bisa memainkan laga pasca dinyatakan sembuh dari cedera lutut. Gelandang Belgia itu sudah menepi sejak awal September, dan saat ini sudah melakukan latihan dengan pemain City lainnya. Claudio Bravo, Fabian Delph, dan Eliaquim Mangala menjadi pemain lainnya yang dipastikan absen karena cedera.

Statistik Kunci Liverpool vs Manchester City

15 – Terakhir kali City menang di Anfield terjadi pada 15 tahun yang lalu tepatnya pada Mei 2003. Mereka kalah 12 kali dan imbang lima kali dalam 17 kunjungannya ke Merseyside.

42 – Ini akan menjadi pertemuan ke-42 bagi kedua tim, dengan Liverpool unggul head to head dengan perbandingan 19-8, dan 15 laga lainnya berujung seri.

1937 – Musim 1936-37 menjadi satu-satunya kesempatan City bisa menang dua kali beruntun menghadapi Liverpool. Pada saat itu mereka meraih gelar juara Liga Inggris.

0 – Sergio Aguero selama kariernya masih belum bisa mencetak gol di Anfield, dalam sembilan penampilannya di depan The Kop. Tapi striker Argentina ini menjadi predator bagi Si Merah ketika di Etihad, dengan mencetak 15 gol.

8 – Klopp sukses mengalahkan Guardiola lebih banyak daripada manajer lainnya, dengan statistik delapan kemenangan dari 14 pertemuan mereka sejak di Bundesliga.

1 – Guardiola hanya menang sekali dalam tujuh pertemuan sejak 2015 menghadapi Klopp. Satu-satunya kemenangan itu datang ketika mereka melumat Liverpool 5-0 pada September 2017 di Etihad.

Penulis: Maulana Habibi/Editor: Setyo Bagus Kiswanto

Komentari Artikel Ini