Bepe: Mengkritik Federasi Harus! Tidak Mendukung Timnas, Jangan!

Mantan striker Tim Merah-Putih, Bambang Pamungkas, meminta suporter untuk terus mendukung Timnas Indonesia meski tak puas dengan kinerja PSSI.

Sepakbola.com, Jakarta – Tim nasional Indonesia hanya bisa bermain imbang 0-0 saat menghadapi Filipina di laga terakhir fase grup Piala AFF 2018 pada Minggu (25/11/2018) malam WIB. Hasil itu kian memperparah kiprah tim Garuda di ajang Piala AFF tahun ini.

Hasil imbang tersebut membuat Hansamu Yama dan kolega hanya menempati posisi keempat grup B dengan raihan empat poin, kalah dari Thailand, Filipina, dan Singapura. Kegagalan Indonesia di ajang Piala AFF 2018 tentu membuat para suporter kecewa.

Para pendukung tim nasional yang datang ke Gelora Bung Karno jumlahnya sekitar 15.000, tidak terlalu banyak untuk ukuran sepakbola Indonesia. Sepanjang pertandingan suporter terus meneriakan yel-yel atau nyanyian yang mengkritik PSSI, utamanya sang ketua umum, Edy Rahmayadi yang belakangan ini terus menjadi bahan pembicaraan.

Pemain berjuang untuk negara

Legenda tim nasional, Bambang Pamungkas yang kebetulan menyaksikan secara langsung pertandingan ini turut angkat bicara. Melalui akun instagramnya, Bepe mendukung aksi kritik tersebut.

“Marah dan kecewa dengan ketua umum PSSI, wajar. Mengkritik federasi, harus. Tapi tidak mendukung tim nasional, JANGAN,” kata Bepe.

“Percayalah, sejak dahulu banyak pemain nasional yang marah, atau berseberangan dengan ketua umum, atau federasi. Namun ketika dipanggil memperkuat tim nasional, mereka tetap datang dan bermain.”
.
“Mereka paham, bermain untuk tim nasional itu berarti berjuang untuk (masyarakat) Indonesia. Mereka butuh dukungan kita semua.”

Tak lupa, mantan penyerang andalan Garuda itu menutup caption yang ia tulis dengan kalimat khas miliknya, “Tetap Semangat dan Sukses Selalu.”

Bambang Pamungkas sebagai mantan pemain tim nasional tentu paham betul apa yang dirasakan para pemain. Mereka hanyalah profesional yang akan mencoba selalu siap bermain ketika diberi kesempatan.

Suporter Indonesia sejatinya tidak pernah kendur dalam memberikan dukungan kepada tim nasional, apalagi sampai menghina. Sumber kekecewaan terbesar mereka tentu mengarah kepada PSSI yang dianggap masih kurang cakap dalam mengelola persepakbolaan di negeri ini. (Sumber: Instagram Bambang Pamungkas)

Penulis: Hery Kurniawan/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini