[PIALA AFF 2018] Singapura: Bangkit Bersama Fandi Ahmad?

Sepakbola.com – Singapura punya catatan manis di Piala AFF. Mengoleksi empat gelar kompetisi antar negara Asia Tenggara, mereka menjadi tim tersukses kedua setelah Thailand.

Namun keperkasaan Singapura di Piala AFF menghilang dalam dua edisi terakhir. Hariss Harun dkk bahkan tak mampu lolos dari penyisihan grup pada gelaran 2014 and 2016.

Fandi Ahmad yang ditunjuk menangani Singapura memberikan harapan besar. Dalam empat pertandingan uji coba tiga kemenangan berhasil diamankan yakni melawan Fiji, Mongolia dan Kamboja. Satu pertandingan lainnya melawan Mauritius berakhir seri.

Seberapa jauh langkah Singapura?

Singapura tak terlalu diunggulkan di Piala AFF 2018, bahkan banyak yang memprediksi pasukan Fandi Ahmad akan kesulitan untuk lolos dari Grup B. tapi harus diingat, ecara tradisi Singapura memang jarang menjadi unggulan namun sering membuat kejutan yang kemudian berbuah empat gelar.

Bergabung di Grup B bersama Thailand, Indonesia, Filipina dan Timor Leste, langkah Singapura tak akan mudah. Tanpa bermaksud meremehkan, Timor Leste diperkirakan tak akan menyulitkan Singapura. Dan pertandingan Singapura melawan Thailand yang merupakan dua negara tersukses di Piala AFF barangkali menjadi duel yang paling ditunggu publik Singapura.

Namun, jika melihat peta persaingan saat ini duel melawan Indonesia dan Filipina akan sangat menentukan langkah Singapura di fase grup. Singapura harus mendapatkan hasil bagus di laga kandang lawan Indonesia dan laga tandang lawan Filipina. Pasalnya mereka akan menghadapi Thailand yang menjadi favorit di laga terakhir dalam laga tandang di Stadion Rajamangala.

Pemain Kunci

Hariss Harun

Hariss, kini 27 tahun, pernah mengecap sukses menjuarai Piala AFF edisi 2012. Kapten Timnas SIngapura ini juga sukses di level klub. Ia telah mengoleksi enam gelar Liga SUper Malaysia, satu didapat bersama Lions XII dan lima lainnya bersama Johor Darul Ta’zim. Pengalaman dan mental juara menjadi modal baginya memimpin tim yang tergabung dalam grup berat di Piala AFF 2018.

Jadwal Pertandingan Singapura di Piala AFF 2018-2019

9 November 2018: Singapura v Indonesia (National Stadium, Singapore)

13 November 2018: Filipina v Singapura (Panaad Stadium, Bacolod)

21 November 2018: Singapura v Timor-Leste (National Stadium, Singapore)

25 November 2018: Thailand v Singapura (Rajamangala Stadium, Bangkok)

Komentari Artikel Ini