Babak Knockout Liga Champions Dipastikan Pakai VAR

Federasi sepakbola Eropa (UEFA) telah memutuskan percepatan implementasi teknologi Video Assistant Refree (VAR) di Liga Champions.

Sepakbola.com, Nyon – Teknologi Video Assistant Refree (VAR) akan diperkenalkan pada babak knockout Liga Champions musim ini. Komite Eksekutif UEFA telah mengkonfirmasi hal ini.

Meskipun tidak digunakan di fase grup, teknologi ini akan diimplementasikan pada babak 16 besar dan seterusnya. Pada awalnya sistem ini akan mulai digunakan pada Liga Champions musim depan, tetapi UEFA mempercepat proses karena permintaan dari klub.

“Kami yakin memperkenalkan VAR pada Agustus 2019 akan memberi kita cukup waktu untuk menempatkan sistem yang kuat,” kata Presiden UEFA Aleksander Ceferin kepada media UEFA tiga bulan lalu.

“Ini akan memberi kita waktu yang cukup melatih ofisial pertandingan untuk memastikan penerapan VAR yang efisien dan sukses di Liga Champions, kompetisi klub unggulan dunia.”

Mengurangi keputusan kontroversial

VAR digunakan di Piala Dunia tahun ini dan sebagian besar sukses, membersihkan beberapa keputusan penalti, termasuk satu di final antara Prancis dan Kroasia. Keputusan kontroversial juga berkurang signifikan dengan adanya VAR walau masih ada di beberapa pertandingan.

Saat ini VAR sudah diterapkan di liga-liga top Eropa, seperti Serie A, La Liga, Bundesliga dan Ligue 1. Tetapi Premier League belum mengimplementasikan teknologi ini. Tentunya yang berpotensi menjadi masalah utama adalah wasit yang banyak belum begitu terlatih untuk teknologi ini karena awalnya VAR direncanakan akan digunakan musim depan.

Fase grup Liga Champions akan berakhir pekan depan dan untuk babak 16 besar akan dimulai pada bulan Februari 2019. (Sumber: joe.co.uk)

Penulis: Rick Sulastomo/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini