Ballon d’Or 2018: Luka Modric Hentikan Dominasi Lionel Messi Dan Cristiano Ronaldo

Ada Hegerberg memenangi Ballon d'Or kategori Wanita sementara Kylian Mbappe meraih Kopa Trophy yang pertama kali diperkenalkan.

Sepakbola.com, Paris – Diumumkan pada Selasa (4/12/2018) dini hari WIB, Gelandang Real Madrid dan Kroasia Luka Modric memenangi Ballon d’Or 2018. Ia menjadi pemain pertama selain Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo yang memenangi penghargaan ini selama lebih dari satu dekade terakhir.

Modric, 33, memenangi gelar Liga Champions ketiga secara beruntun bersama Real Madrid pada bulan Mei. Berikutnya, ia membantu Kroasia melaju ke final Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Pada edisi 2007, Mantan pemain timnas Brasil dan AC Milan Kaka, adalah pemain terakhir yang memenangi Ballon d’Or sebelum kemudian hanya diperebutkan oleh Messi dan Ronaldo.

Ronaldo, yang bergabung ke Juventus dari Real Madrid pada musim panas menempati peringkat kedua setelah Modric. Sementara Messi mentok di peringkat kelima pada edisi tahun ini.

Dua penyerang Prancis Antoine Griezmann yang bermain untuk Atletico Madrid dan Kylian Mbappe yang saat ini berkostum PSG menempati peringkat ketiga dan keempat. Keduanya memenangi Piala Dunia 2018 bersama Prancis.

Modric, yang juga memenangi gelar Pesepakbola Pria Terbaik FIFA dan mengoleksi trofi Golden Ball Piala Dunia 2018, mengungkapkan perasaannya.

“Ini sebuah perasaan yang tak terbayangkan,” kata Modric, yang menjadipemenang pertama Ballon d’Or asal Kroasia.

“Sebuah kesenangan luar biasa bisa berada di sini bersama pemain-pemain (hebat) lainnya.”

“Saya masih berusaha untuk menyadari bahwa saya menjadi bagian dari kelompok pemain-pemain yang luar biasa yang memenangi Ballon sepanjang sejarah.”

Selain penghargaan untuk Modric, malam penghargaan Ballon d’Or juga memberikan trofi untuk penyerang wanita Lyon dan Norwegia, Ada Hegerberg. Pesepakbola perempuan 23 tahun itu dinobatkan sebagai pemenang Ballon d’Or kategori Wanita. Sementara Mbappe, 19 tahun, dinobatkan sebagai peraih Kopa Trophy pertama. Kopa Trophy adalah penghargaan untuk pemain di bawah usia 21 tahun yang dipilih oleh para pemenang Ballon d’Or terdahulu.

Top 10 Balon d’Or 2018

1. Luka Modric (Real Madrid/Kroatia)

2. Cristiano Ronaldo (Juventus/Portugal)

3. Antoine Griezmann (Atletico Madrid/Prancis)

4. Kylian Mbappe (Paris St-Germain/Prancis)

5. Lionel Messi (Barcelona/Argentina)

6. Mohamed Salah (Liverpool/Mesir)

7. Raphael Varane (Real Madrid/Prancis)

8. Eden Hazard (Chelsea/Belgia)

9. Kevin de Bruyne (Manchester City/Belgia)

10. Harry Kane (Tottenham/Inggris)

Komentari Artikel Ini