Jelang Hadapi Manchester United, Klopp Tanggapi Komentar Mourinho Soal Trofi

Sepakbola.com, Liverpool – Manajer Liverpool, Jurgen Klopp menanggapi komentar Jose Mourinho tentang raihan piala, dengan mengatakan bahwa itu tidak bisa menjadi tolak ukurnya di Anfield.

Menjelang kunjungan Manchester United ke Liverpool pada hari Minggu, Mourinho mengatakan bahwa raihan trofi adalah hal penting, dengan Klopp belum memberikan gelar untuk klubnya sejak mengambil alih kursi manajer pada Oktober 2015.

Namun manajer asal Jerman, yang kalah dalam tiga pertandingan final selama waktunya di klub, itu mengatakan bahwa ada lebih banyak hal yang perlu dipertimbangkan selain hanya trofi.

“Haruskah saya melakukannya? Apakah saya harus memenangkannya? Itu mungkin yang diingat orang, tetapi apa yang harus saya lakukan adalah mendapatkan potensi maksimal dari apa yang ditawarkan klub kepada saya, itulah yang saya yakini,” kata Klopp kepada surat kabar Inggris.

“Jika orang mengatakan bahwa Liga Champions musim lalu tidak sukses karena kami tidak memenangkan final, maka saya tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Apakah itu merupakan prestasi kami yang paling sukses? Tidak, tapi perjalanan kami brilian. Saya sangat menikmatinya,” tambahnya.

“Perjalanan kami ke final adalah hal yang fantastis. Namun jika dalam hidup di semua aspek, yang diperhatikan hanya hasil, dan bukan usaha kami, maka hidup itu sama sekali tidak berguna,” ujarnya.

Liverpool sekali lagi berada dalam posisi yang baik untuk meraih sukses musim ini, di mana mereka berada di bagian atas klasemen Premier League dan mencapai babak 16 besar di Liga Champions. Klopp mengatakan bahwa dirinya menikmati tantangan yang ada saat ini, dan ia tetap mencoba memberikan kesuksesan bagi The Reds.

“Anda dapat melakukan apapun yang Anda inginkan, tetapi jika saya tidak secerdas Einstein atau siapapun, saya tidak boleh mencoba sedikit? Saya tidak akan pernah menjadi dia. Saya suka tantangan. Saya ingin menikmati itu sebanyak mungkin. Itulah bagaimana saya memahami kehidupan, saya mempelajarinya sedikit di sepak bola. Pada akhirnya orang lain harus menilai itu,” pungkas Klopp. (Sumber: Four Four Two)

 

Penulis: Andrie Widyantoro/Editor: Setyo Bagus Kiswanto

Komentari Artikel Ini