Rencana Piala Super Italia 2018 Berlangsung Di Arab Saudi Menuai Protes

Sepakbola.com, Jeddah – Pihak penyelenggara Serie A telah mengumumkan pertandingan Piala Super Italia 2018 antara Juventus dan AC Milan akan berlangsung di Arab Saudi pada 16 Januari mendatang.

Namun kedua klub telah diminta Amnesty International untuk memboikot laga tersebut, sebagai protes atas catatan buruk hak asasi manusia di Arab. Teranyar adalah kasus pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi yang meningkatkan ketegangan negara-negara di dunia.

“Jelas negara-negara seperti Arab Saudi sangat sadar akan potensi olahraga yang secara halus ‘mengubah nama’ suatu negara,” kata juru bicara Amnesti Internasional kepada ESPN FC (5/12).

“Bahkan sebelum pembunuhan Jamal Khashoggi, Arab Saudi memiliki catatan hak asasi manusia yang benar-benar mengerikan.”

“Kami mendesak klub-klub Italia ini untuk berpikir dua kali tentang sinyal yang dikirim ke penggemar olahraga di seluruh dunia dan para aktivis yang membela hal asasi manusia di Arab Saudi.”

Namun, Serie A telah memutuskan pertandingan akan berlangsung di Stadion King Abdullah Sports City di Jeddah.

Piala Super yang pertama kali dipentaskan pada 1988 sering dimainkan di luar Eropa. Yang pertama terjadi pada tahun 1993, ketika Milan dan Torino bertemu di Washington D.C. Namun, saat ini Milan dan Juventus berada di level yang berbeda karena Rossoneri sedang melewati periode yang cukup sulit.

Juventus masih berada di posisi pertama klasemen Serie A dengan 40 poin, Milan di posisi keempat dengan 25 poin. (Sumber: espnfc.com)

Penulis: Ricky Sulastomo
Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini