Semifinal UEFA Nations League: Belanda vs Inggris Dan Portugal vs Swiss

Pertandingan Semifinal UEFA Nations League 2018-2019 akan digelar di Portugal pada 5-6 Juni 2019.

Sepakbola.com – Fererasi sepakbola Eropa (UEFA) telah mengonfirmasi Belanda akan bertemu Belanda di babak semifinal UEFA Nations League. Semifinal lainnya akan mempertandingan Portugal vs Swiss.

Pertandingan Belanda vs Inggris akan berlangsung di Estadio D. Afonso Henriques, Guimaraes, Portugal yang berkapasitas 30.000 kursi pada 6 Juni 2019. Sehari sebelumnya, atau 5 Juni, akan bertanding Portugal lawan Swiss di Estadio do Dragão, yang biasa digunakan sebagai kandang FC Porto.

Pemenang pertandingan semifinal akan memperebutkan status juara pada 9 Juni di Porto. Pada hari yang sama tim yang kalah juga akan bertanding untuk menentukan tim peringkat ketiga.

Semifinal UEFA Nations League: Belanda vs Inggris Dan Portugal vs Swiss
Semifinal UEFA Nations League: Belanda vs Inggris Dan Portugal vs Swiss (Sumber: twitter.com/UEFAEURO)

Incar trofi internasional kedua

Inggis lolos dari fase grup UEFA Nations League setelah memenangi dua pertandingan penting, Spanyol di laga away dan Kroasia di pertandingan kandang di Wembley. Gol telat Harry Kane ke gawang Kroasia memastikan Inggris menjadi Juara grup.

Sementara langkah Belanda ke semifinal juga tak kalah dramatis. Sebuah gol voli Virgil van Dijk yang menjadi penyama kedudukan di pertandingan terakhir lawan Jerman menjadi penentu. De Oranje pun lolos setelah mengungguli juara Piala Dunia, Prancis di papan klasemen grup.

Nations League yang baru diperkenalkan terbilang sukses meski mendapat banyak tentangan, terutama dari klub. Kompetisi antar negara ini menghidupkan jeda internasional yang biasanya hanya diisi dengan pertandingan persahabatan antara negara yang tidak kompetitif.

Belanda dan Inggris jelas berambisi untuk memenangi edisi perdana UEFA Nations League. Hingga saat ini dua negara yang populer di sepakbola dunia itu sama-sama baru mengoleksi satu trofi internasional. Inggris punya trofi Piala Dunia 1966 sementara Belanda punya trofi Piala Eropa 1988.

Komentari Artikel Ini