UEFA Akan Perkenalkan Kompetisi Antar-Klub Eropa Ketiga Di Tahun 2021

Mulai musim 2021-2022 akan ada tiga kompetisi antar klub Eropa yakni Liga Champions, Liga Europa, dan Liga Europa 2.

Sepakbola.com, Nyon – UEFA telah mengumumkan akan memperkenalkan kompetisi antar-klub baru pada tahun 2021, mereka memberi judul kerja ‘Liga Europa 2’. Kompetisi ini akan diperkenalkan pada awal musim 2021-2022.

Kelahiran turnamen itu berarti akan ada perombakan di antara klub-klub Liga Europa. Kompetisi klub tingkat kedua Eropa (Liga Europa) akan dibagi dua, dari 64 tim menjadi 32 dengan adanya babak play-off tambahan antara babak penyisihan grup dan 16 besar.

Keberadaan kompetisi baru Liga Eropa 2 akan membuat satu tim Inggris memasuki babak play-off. Sementara tim Skotlandia mungkin terbatas pada Liga Europa 2 baru, turun dari Liga Europa. Kompetisi baru akan dimainkan pada hari Kamis (Jumat dini hari WIB) bersamaan dengan Liga Europa.

Setiap juara kompetisi domestik di tiap negara akan tetap masuk ke Liga Champions, tetapi hanya tim-tim dari 15 negara peringkat teratas yang akan masuk ke babak grup Liga Europa atau kualifikasi.

Itu berarti tim yang mewakili liga di bawah level itu akan langsung lolos ke babak kualifikasi Liga Europa 2 (UEL2). Saat ini akan akan mencakup Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. 

Format kembar Liga Europa dan UEL2

UEL2 dan Liga Europa akan dijalankan dengan format yang sama: delapan grup, masing-masing grup terdiri empat tim, pemenang grup memasuki babak 16 besar.

Akan ada play off sebelum putaran 16 besar untuk tim yang berada di urutan kedua dalam grup UEL2 dan tim yang menempati posisi ketiga di grup Liga Europa.

Pemenang UEL2 akan lolos ke Liga Europa musim berikutnya. Pengenalan turnamen baru ini tidak mempengaruhi format Liga Champions sama sekali.

Presiden UEFA Aleksander Ceferin mengatakan: “Kompetisi baru membuat kompetisi klub UEFA lebih inklusif daripada sebelumnya. Akan ada lebih banyak pertandingan untuk banyak klub, lebih banyak asosiasi diwakili dalam fase grup,”

“Kompetisi ini lahir dari dialog berkelanjutan dengan klub-klub melalui European Club Association.”

Setidaknya 34 negara akan memiliki tim di babak penyisihan grup, sedangkan sekarang hanya 26 tim. (Sumber: joe.co.uk)

Komentari Artikel Ini