[VIDEO] CUPLIKAN GOL Viktoria Plzeň 2-1 Roma: Kemenangan Berbuah Tiket 32 Besar Liga Europa

Gol pembuka Jan Kovarik sempat disamakan oleh Cengiz Under namun gol Tomas Chory memastikan kemenangan Viktoria Plzeň saat menjamu Roma.

Sepakbola.com, Plzen – Viktoria Plzen berhasil mengamankan tiga poin saat menjamu AS Roma di matchday terakhir Liga Champions 2018-2019. Bertanding di Doosan Aréna, Plzeň, Kamis (13/2/2018) dini hari WIB, tuan rumah menang dengan skor 2-1.

Tambahan tiga poin menempatkan Plzen di posisi ketiga klasemen akhir yang berarti tiket ke babak 32 besar Liga Europa. Bagi Roma kekalahan tak berpengaruh ada posisi runner-up grup yang telah mereka amankan sejak metchday kelima.

Roma lebih banyak mengambil inisiatif serangan pada 25 menit awal babak pertama. Beberapa peluang didapat di antaranya melalui tekanan beruntun yang dimulai dari aksi Justin Kluivert merangsek ke kotak penalti. Ia berhasil melewati kepungan bek-bek Plzen. Sayang, kiper berhasil menggagalkan usahanya sebelum ia mendapatkan posisi enak untuk mencocor bola.

Tuan rumah yang menginginkan tiket “buangan” ke babak 32 besar Liga Europa kemudian mencoba membalas tekanan dan mendapatkan paling tidak dua peluang matang hingga babak pertama berakhir.

Peluang pertama datang pada menit 26 melalui Jan Kovarik namun tembakannya masih melambung di atas mistar. Peluang terbaik didapat pada menit ke-39 yang dimulai dari serangan sayap kiri melalui Kovarik. Ia lalu mengirim crossing mendatar ke depan mulut gawang. Sayang Tomas Chory yang mencoba menjangkau bola sambil meluncur kalah cepat sepersekian detik ketimbang laju bola.

Plzen dan Roma sama-sama berusaha agresif dan sama-samamendapat peluang di awal babak kedua. Di menit ke-46 Kluivert mendapat kesempatan menembak namun bola terdefleksi kaki bek Plzen sehingga melenceng dari gawang. Tuan rumah balas menekan lewat Ales Cermak namun tembakannya masih melambung di atas mistar.

Kebuntuan akhirnya pecah saat pertandingan memasuki menit ke-62. Kovarik benar-benar menyulitkan Roma. Bergerak dari sayap kiri, ia lepas dari pengamatan bek Roma yang terlalu fokus pada bola di sayap kanan serangan Plzen. Saat bola diumpan ke depan gawang Kovarik yang tak terkawal tak kesulitan untuk menyarangkan bola ke jaring gawang.

Gol Kovarik (62′)

 

Keunggulan Plzen tak bertahan lama karena tim tamu berhasil membalas melalui gol Cengiz Under di menit 68. Gol berawal dari kegagalan bek Plzen mengintersep bola serangan dari sayap kanan Roma. Davide Santon mengumpan pada Under yang berada di depan kotak penalti. Under langsung menyambut dengan tendakan first time kaki kiri. Meski tendangan Under tak terlalu kencang, kiper Aleš Hruška gagal menjangkau bola meski berusaha sambil menjatuhkan diri.

Gol Under (68′)

 

Pertandingan semakin seru. Plzen belum menyerah dan kembali unggul tiga menit setelah Roma menyamakan skor. Kali ini giliran nama Chory yang masuk papan skor. Sundulannya menyambut bola rebound gagal ditahan oleh Mirante yang sebelumnya gemilang menahan tembakan pertama yang dilepaskan pemain tuan rumah dari jarak dekat.

Gol Chory (71′)

 

Plzen nyaris menggandakan skor pada menit 74 ketika Milan Petrzela berhasil menusuk ke kotak penalti. Dalam pengawalan cukup ketat ia masih bisa menembak namun arah bola masih melenceng tipis dari gawang Roma yang dijaga Antonio Mirante.

Di masa injury time wasit mengusirpemain pengganti Luca Pellegrini dari lapangan permainan dengan kartu kuning kedua karena mendaratkan siku ke kepala lawan saat berebut bola di udara. Sial bagi Pellegrini yang sebelumnya masuk lapangan pada menit ke-80 dan mendapat kartu kuning pertama di menit 89. Dan hingga pertandingan berakhir skor tak berubak Viktoria Plzen 2-1 Roma.

Video cuplikan gol Viktoria Plzeň vs Roma

Susunan pemain Viktoria Plzen vs Roma

Viktoria Plzen (4 – 2 – 3 – 1): 16-Hruska; 24-Havel, 2-Hejda, 4-Hubnik, 8-Limbersky; 6-Prochazka, 17-Hrosovsky; 10-Kopic, 25-Cermak, 19-Kovarik; 18-Chory

Roma (4 – 2 – 3 – 1): 83-Mirante; 18-Santon, 15-Marcano, 44-Manolas, 11-Kolarov; 4-Cristante, 42-N’Zonzi; 17-Under, 34-Kluivert, 27-Pastore; 14-Schick

Wasit: Taylor A. (Inggris)

Komentari Artikel Ini