10 Pemain Termahal Chelsea Sebelum Transfer Pulisic: Tidak Semuanya Sukses

Sepakbola.com, London – Christian Pulisic telah menjadi salah satu pemain termahal Chelsea, di mana nilai transfernya hanya kalah dari Kepa Arrizabalaga dan Alvaro Morata dalam daftar pembelian termahal The Blues.

Pemain asal Amerika Serikat itu akan bergabung dengan The Blues mulai musim 2019-20 setelah menyelesaikan transfer senilai 64 juta euro dari Borussia Dortmund. Untuk sementara ia akan tetap di Dortmund dengan status pinjaman hingga akhir musim ini.

The Blues telah secara teratur mengeluarkan banyak uang selama era Roman Abramovich, tetapi tidak semua pembelian mereka berakhir manis. Berikut adalah 10 pembelian termahal Chelsea sebelum kedatangan Pulisic.

1. Kepa Arrizabalaga (71 juta pounds) – sukses

Kiper Termahal Di Dunia Kepa Arrizabalaga Chelsea

Ini masih hari-hari awal bagi Kepa, yang menjadi penjaga gawang termahal di dunia ketika ia bergabung dari Athletic Bilbao, menggantikan Thibaut Courtois. Tetapi dengan usianya yang masih 24 tahun, Kepa bisa menjadi nomor satu Chelsea selama satu dekade ke depan, dan performanya di setengah musim pertamanya di Stamford Bridge secara luas dianggap positif.

2. Alvaro Morata (58 juta pounds) – gagal

Alvaro Morata Chelsea

Rekan senegara Kepa, Morata telah kesulitan untuk membuktikan kelayakan harga mahalnya ketika ia didatangkan dari Madrid. Striker ini mencetak 11 gol Premier League dalam musim debutnya dan telah mencetak lima gol musim ini. Tetapi Maurizio Sarri lebih suka menggunakan Eden Hazard sebagai penyerang utama akhir-akhir ini, dan manajer asal Italia itu tampaknya kehilangan kepercayaan pada Morata.

3. Jorginho (57 juta pounds) – sukses

Pemain asal Italia ini mengikuti Sarri dari Napoli ke Stamford Bridge tahun lalu dan ia segera menjadi pemain yang penting bagi klub dalam peran sebagai gelandang bertahan. Ia tampil sangat bagus ketika Chelsea mengalahkan juara bertahan Manchester City, dan meskipun ia telah ditahan sekali atau dua kali dalam pertandingan Premier League, ia adalah pemain yang bisa menjadi pusat permainan The Blues.

4. Fernando Torres (50 juta pounds) – gagal

 

Kepindahan Torres ke Chelsea membuat marah pendukung di Merseyside, tetapi Liverpool tidak pernah benar-benar merindukannya karena pemain asal Spanyol itu gagal bersinar selama masa empat tahunnya di Stamford Bridge. Meskipun ia mencetak gol penting dalam kemenangan Chelsea atas Barcelona di semifinal Liga Champions, ​​Torres hanya mencetak 48 gol di semua kompetisi, akhirnya hengkang ke AC Milan.

5. Tiemoue Bakayoko (39,7 juta pounds) – gagal

Kegagalan lain yang tidak diragukan lagi. Bakayoko mengalami musim perdana yang menyedihkan di Premier League setelah bergabung dari Monaco, klub yang ia bantu untuk meraih gelar Ligue 1 pada 2016-17. Kartu merah dalam pertandingan melawan Watford Februari lalu adalah titik terendah dalam kariernya di Chelsea dan ia akhirnya dipinjamkan ke AC Milan musim ini.

6. Andriy Shevchenko (37 juta pounds) – gagal

Setelah menjadi mesin gol dan pemenang Liga Champions di AC Milan, legenda Ukraina Shevchenko tidak pernah mencapai level terbaiknya setelah pergantian tahun 2006. Shevchenko gagal di Stamford Bridge dan hanya mencetak 22 gol dalam 77 pertandingan. Ia kembali ke Milan dengan status pinjaman sebelum mengakhiri kariernya bersama Dynamo Kiev.

7. Michy Batshuayi (33 juta pounds) – gagal

Wajar jika karier mantan kapten Marseille, Batshuayi, tidak seperti yang ia harapkan. Pemain asal Belgia itu menjadi pemain pelapis untuk Diego Costa di musim pertamanya di klub. Batshuayi terlihat tajam dalam masa pinjamannya di Dortmund pada paruh kedua musim lalu, tetapi ia hanya mencetak satu gol liga di klub La Liga, Valencia.

8. Michael Essien (32 juta pounds) – sukses

Kedatangan Essien di Chelsea pada 2005 mengakhiri masa negosiasinya yang berjalan selama tiga bulan, tetapi dia pantas ditunggu. Energi dan fisiknya di lini tengah terbukti sangat berharga bagi Chelsea, dan pemain asal Ghana itu memenangkan Premier League sebanyak dua kali dan Liga Champions sekali dalam masa sembilan tahun yang indah.

9. Diego Costa (32 juta pounds) – sukses

Dicemooh oleh para penggemar Chelsea saat dia menyingkirkan mereka dari Liga Champions pada 2014, Costa menjadi pahlawan di Stamford Bridge sebelum waktunya di klub berakhir dengan nada masam. Golnya memicu mereka untuk dua gelar Liga Premier, tetapi hubungan yang sulit dengan Antonio Conte dieja akhir waktunya di klub dan dia bergabung kembali dengan Atletico Januari lalu setelah periode di pengasingan.

10. Eden Hazard (31 juta pounds) – sukses

Eden Hazard Legenda Di Chelsea

Eden Hazard bisa dibilang sebagai pembelian tersukses bagi Chelsea di daftar ini. Ia mampu memberikan dimensi baru dalam permainan timnya, dan menjadi kunci keberhasilan Chelsea untuk meraih gelar Premier League beberapa musim lalu. Meski kerap dikaitkan dengan Real Madrid, Hazard tetap profesional dan mampu memberikan performa cemerlang musim ini. (Sumber: Four Four Two. Transfermarkt)

 

Penulis: Andrie Widyantoro
Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini