3 Pembelian Termahal Chelsea Sepanjang Sejarah

Christian Pulisic telah menandatangani kontrak yang mengikatnya hingga Juni 2024 bersama Chelsea dan baru akan bergabung pada awal musim 2018-2019.

Sepakbola.com, London – Chelsea muncul sebagai lokomotif sepakbola sejak Roman Abramovich membeli klub ini pada tahun 2003. The Blues telah memenangkan 17 trofi di bawah kekuasaan pria asal Rusia ini. Sebagian besar kesuksesan mereka dapat karena pengeluaran boros di bursa transfer dan kemampuan mereka merekrut pemain hebat.

The Blues menghabiskan sekitar 560,08 juta poundsterling (sekitar Rp10,1 triliun) selama sepuluh musim terakhir. Langkah itu menjadikan mereka tim Premier League paling banyak menghamburkan uang dalam periode itu. Legenda klub seperti Didier Drogba, Micheal Essien, Ricardo Carvalho semuanya didatangkan dengan harga yang mahal. situBerikut tiga pemain termahal mereka sepanjang sejarah.

3.Christian Pulisic – 64 juta euro (sekitar Rp1,047 triliun)

Chelsea mengeluarkan biaya transfer 64 juta euro untuk mengontrak Christian Pulisic dari Borussia Dortmund pada jendela transfer Januari 2019. Angka tersebut menjadikannya pemain termahal ketiga dalam sejarah klub.

Namun, dia dikirim kembali dengan status pinjaman ke bekas klubnya selama sisa musim ini. Para penggemar Chelsea harus menunggu hingga awal musim depan untuk melihat rekrutan terbaru mereka bermain dengan jersey Blues.

Pemain timnas Amerika dianggap sebagai salah satu pemain muda yang paling menarik di dunia saat ini. Sebelum berkostum biru London ia berada dalam daftar target sejumlah klub besar lain.

Laju pemain berusia 20 tahun dan sentuhan yang rapi memberinya kemampuan untuk mengalahkan pemain bertahan dengan mudah. Finishing dan ketajaman mata untuk memberikan umpan memematikan juga menambah atribut berharga. Pulisic telah memainkan 81 pertandingan Bundesliga, mencetak 10 gol untuk Dortmund sejauh ini dan membantu klub Jerman memenangkan DFB-Pokal 2016-17. Dia masuk dalam “UEFA Champions League Breakthrough XI 2016”. Selain itu, ia juga dinobatkan sebagai “U.S Soccer Male Athlete of the Year 2017” alias Atlet Sepakbola Terbaik Amerika Serikat 2017.

2.Alvaro Morata 66 juta euro (sekitar Rp1,08 triliun)

Klub yang berbasis di London ini menghabiskan 66 juta euro untuk membeli Alvaro Morata dari Real Madrid di bursa transfer musim panas 2017.

Striker berusia 26 tahun itu cukup sukses bersama Real Madrid dan Juventus. Chelsea harus mengalahkan sejumlah klub besar untuk mengamankan jasanya. Namun, dia gagal meniru kesuksesan sebelumnya bersama Chelsea. Pada musim debutnya pada 2017-2018, ia hanya berhasil mencetak 15 gol dalam 48 pertandingan di semua kompetisi.

Pemain timnas Spanyol tersebut juga tampil buruk musim ini dan dikritik oleh penggemar dan media karena penampilannya yang buruk untuk The Blues. Dia hanya mencetak lima gol liga musim ini dan sering keluar dari Starting XI klub.

Mantan pemain Real Madrid ini dikabarkan akan meninggalkan Chelsea selama beberapa pekan terakhir dan sebagian besar penggemar Chelsea akan mengingatnya sebagai ‘pemain gagal’.

1.Kepa Arrizabalaga 80 juta euro (sekitar Rp1,3 triliun)

 

Chelsea mendatangkan Kepa Arrizabalaga dengan harga 80 juta euro di bursa transfer musim panas 2018, yang menjadikannya penjaga gawang termahal sepanjang masa.

Arrizabalaga adalah produk akademi Athletic kemudian sempat mencicipi awal bersama CD Basconia, klub feeder Athletic, pada 2012. Ia mendapatkan debut untuk tim senior Athletic pada 2014. Tampil mengesankan dalam 53 penampilan liga untuk tim senior Bilbao memberinya kesempatan masuk tim nasional Spanyol sejak 2017.

Pemain 24 tahun itu cukup memuaskan bersama klub barunya dan kebobolan 16 gol dari 21 pertandingan pembukaan Premier League musim ini. Dia juga menjai salah satu kandidat terdepan untuk memenangkan Golden Glove Premier League musim ini. Sebanyak 10 clean sheet sudah terdaftar atas namanya.

Pada usia 24 tahun, Arrizabalaga belum mencapai masa jayanya dan berpeluang menempatkan dirinya di antara penjaga gawang terbaik dunia beberapa tahun mendatang. (Sumber: sportskeeda.com)

Penulis: Ricky Sulastomo/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini