5 Momen Istimewa Sepakbola Yang Jadi Headline Di Tahun 2018

Sepakbola.com – Tahun 2018 akan segera berakhir dan ini merupakan salah satu tahun terbaik sepakbola. Piala Dunia 2018 bisa dibilang yang paling banyak dibicarakan di dunia sepakbola tahun ini.

Pecinta sepakbola dimanjakan dengan permainan yang enak dipandang mata. Di Premier League, tim yang bermain dengan indah, Manchester City berhasil menjadi juara. Ini juga menjadi tahun penting Barcelona karena meraih trofi La Liga dan Copa del Rey. Sementara itu Bayern dan PSG menjurai liga domestik mereka. Juventus, meneruskan Scudetto berturut-turut mereka.

Kecemerlangan Kylian Mbappe juga banyak dibahas, pemain remaja ini memukau di Piala Dunia dan meneruskannya bersama PSG. Tetapi, ada juga yang menurun drastis performanya seperti Alexis Sanchez, Manuel Neuer, Alvaro Morata, Jerome Boateng dan banyak lagi. Berikut lima hal menarik dari sepakbola di tahun 2018.

BACA MOMEN PENTING SEPAKBOLA 2018:

1.Piala Dunia 2018

Momen Istimewa Sepakbola 2018
Momen Istimewa Sepakbola 2018: Prancis tak mengulang kegagalan final Piala Eropa dan memenangi Piala Dunia 2018 dengan permainan efektif.

Tidak ada yang bisa menyamai kemeriahan Piala Dunia di sepakbola dan kemegahannya hampir setara Olimpiade. Tahun 2018 Piala Dunia digelar di Rusia dan banyak kisah yang menarik untuk diceritakan.

Semua orang mengharapkan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi mengangkat trofi Piala Dunia, namun mereka negara mereka tersingkir di 16 besar.

Kejutan terbesar Piala Dunia 2018 adalah kuda hitam Belgia dan tuan rumah Rusia. Eden Hazard dan Aleksandr Golovin keduanya menjadi berita utama dan menjadi pemain terbaik untuk tim masing-masing.

Kroasia melaju ke final, memberikan pertunjukan luar biasa dimpimpin Luka Modric, Mario Mandzukic, Ivan Perisic, dan Ivan Rakitic, mereka akhirnya kalah dari Prancis. Les Blues mengangkat gelar setelah 20 tahun puasa dan itu seperti mimpi yang menjadi kenyataan bagi para pemain Prancis, di bawah manajer Didier Deschamps.

2.Real Madrid hattrick Liga Champions

Momen Istimewa Sepakbola 2018
Momen Istimewa Sepakbola 2018: Gelar Liga Champions ketiga beruntun untuk Real Madrid.

Jika ada klub layak diberi nama ‘Club of the Century’ alias “Klub Abad Ini” berkali-kali, itu pasti Real Madrid. Real Madrid, di bawah kepemimpinan Zinedine Zidane, meraih trofi Liga Champions ke-13 mereka.

Tim mendapat banyak manfaat dari adanya pemain seperti Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, Sergio Ramos, Marcelo, Luka Modric, dan Toni Kroos, yang cukup berpengalaman untuk melalui lawan saat mereka dengan lancar menuju gelar juara. Selain itu, ketika sebuah tim memiliki Cristiano Ronaldo di starting XI, kemenangan hampir selalu bisa dijamin.

Los Blancos memenangkan final melawan Liverpool yang bersemangat dengan skor 3-1, dibantu performa luar biasa Gareth Bale. Winger Wales datang dari bangku cadangan untuk mencetak dua gol luar biasa. Cedera Mohammed Salah, setengah jam setelah pertandingan, terbukti harga yang mahal bagi Liverpool.

3.Cristiano Ronaldo ke Juventus

Momen Istimewa Sepakbola 2018
Momen Istimewa Sepakbola 2018: Kejutan transfer Cristiano Ronaldo ke Juventus

Meskipun jumlah transfer tidak mengejutkan jika dibandingkan dengan biaya transfer Neymar, kepindahan Cristiano Ronaldo ke Juventus dari Real Madrid menjadi berita utama selama beberapa hari.

Ronaldo punya karier yang luar biasa di Real Madrid dia menjadi legenda klub, menyalip Raul sebagai pencetak gol terbanyak klub dan memenangkan empat gelar Liga Champions UEFA. Dia juga memenangkan empat penghargaan Ballon d’Or selama di Santiago Bernabeu.

Sejak bergabung dengan Juventus, dia membuat Bianconeri tak terkalahkan dengan visi dan eksploitasi mencetak gol yang luar biasa. Dia sudah nyaman, berpasangan dengan pemain muda berbakat seperti Paulo Dybala, Douglas Costa, dan Rodrigo Bentancur.

Kemitraannya dengan co-forward Mario Mandzukic hampir telepatis dan bisa dikatakan, dia sedang dalam perjalanan untuk memenangkan lebih banyak gelar bersama Nyonya Tua.

4.Luka Modric memenangkan Ballon d’Or

Momen Istimewa Sepakbola 2018
Momen Istimewa Sepakbola 2018: Luka Modric menghentikan dominasi Cristiano dan Lionel Messi di Ballon d’Or.

Luka Modric, jantung lini tengah Real Madrid dan kapten tim Kroasia yang melaju ke final Piala Dunia FIFA memenangkan Ballon d’Or tahun 2018. Modric mematahkan duopoli Messi-Ronaldo selama satu dekade dan menjadi peserta baru ke dalam daftar pemain sepakbola tekemuka.

Sejak Kaka memenangkan penghargaan pada tahun 2007, Messi dan Ronaldo telah memenangkan penghargaan bergengsi ini masing-masing lima kali. Trofi itu tetap menjadi milik dua pemain terbaik dalam sejarah sepakbola selama sepuluh tahun.

Modric memenangkan penghargaan ini karena jasanya untuk klub dan bangsanya. Cristiano Ronaldo berada di urutan kedua dan pemenang Piala Dunia Antoine Griezmann ketiga. Pemain muda Kylian Mbappe finis keempat di depan Lionel Messi, yang ditempatkan di posisi kelima. Sayangnya, Messi dan Ronaldo tidak hadir saat malam penganugrahan.

5.Mohamed Salah dan Eden Hazard

Momen Istimewa Sepakbola 2018
Momen Istimewa Sepakbola 2018: Eden Hazard dan Mohamed Salah menjadi bintang baru yang menarik perhatian pada 2018.

Tidak ada yang menjadi berita utama lebih sering tahun ini dibanding dua pemain ini, Mohammed Salah dan Eden Hazard.

Kisah Mohammed Salah sangat menarik. Terbuang dari Chelsea, dia ke Fiorentina pada tahun 2015 dengan status pinjaman. Roma merekrutnya pada tahun 2016 dan sejak itu, tidak ada yang menghentikannya.

Sekembalinya ke Premier League, Salah on-fire di Premier League  dan memenangkan Sepatu Emas di musim perdananya. Dia juga dianugerahi penghargaan Ferenc Puskas karena mencetak Goal of the Year.

Pemain lain yang sudah lama disebut-sebut sebagai penerus Messi dan Ronaldo adalah Eden Hazard. Sejak dia bergabung dengan Chelsea, dia berkembang dan terus tampil menawan. 2018 merupakan tahun yang sangat penting baginya. Setelah memenangkan FA Cup bersama Chelsea, dia menyalakan Piala Dunia dengan beberapa penampilan cemerlang dan membawa itu ke musim 2018-2019. (Sumber: sportskeeda.com)

Penulis: Ricky Sulastomo/Editor: Rudi Purwantoro

 

Komentari Artikel Ini