Firza Andika Dapat Banyak Pengalaman Dari Trial Di Klub Eropa

Firza Andika terlambat bergabung ke pemusatan latihan Timnas U-22 asuhan Indra Sjafri melakukan trial di klub Belgia dan Spanyol.

Sepakbola.com, Jakarta – Bek muda Firza Andika mengaku banyak mengambil pelajaran dari masa trial yang ia jalani selama di Eropa. Menurutnya pengalaman yang ia dapatkan di Benua Biru bisa menjadi modal bagus agar karier sepakbolanya lebih baik lagi,

Pemain yang musim lalu berseragam PSMS Medan itu melakukan trial di AFC Tubize di Belgia selama tiga pekan dan UD Alzira di Spanyol selama satu pekan.

Ia mengaku mentalitasnya bertambah apalagi diakuinya kualitas sepakbola yang ia raih selama menjalani trial sangat baik.

“Selama berada di Belgia saya mendapatkan teknik bermain yang berbeda dengan yang selama ini saya lakukan, apalagi di Spanyol yang menerapkan permainan cepat,” ujar Firza Andika usai sesi latihan Timnas Indonesia U-22 di Lapangan ABC Senayan, Kamis (10/1/2019) pagi.

“Saya merasa yang paling berpengaruh adalah mentalitas saya. Ketika di sana saya merasa sulit karena jauh dari keluarga, dan yang kedua permainannya sangat berbeda levelnya. Namun, sekarang itu membantu saya menjadi lebih baik,” lanjutnya.

Tak alami masalah adaptasi

Pemain berusia 19 tahun itu juga mendiskusikan suka-dukanya selama di Eropa kepada Indra Sjafri.

“Di sana saya mengulang dari nol, karena di sana mulai dari umpan, teknik, kontrol bola juga di sana sangat bagus” tegasnya.

Firza sendiri baru bergabung latihan di Timnas Kamis menyusul rekan setim yang telah berkumpul sejak Senin (7/1/2019). Ia mengaku tidak terlalu masalah mengenai adaptasinya bersama Garuda Muda.

“Alhamdulillah sangat senang bisa bergabung kembali, kali ini bersama Timnas Indonesia U-22. Adaptasi biasa saja karena ‘kan sering ketemu di liga juga seperti yang dari U-23 kaya bang Andi Setyo, Hanif [Sjahbandi] jadi sudah terbiasa. Malu-malu, grogi tidak ada, komunikasi aman,” jelasnya.

Komentari Artikel Ini