Calon Peraih Sepatu Emas 2019: 10 Pemain Tertajam Di Eropa Musim Ini

Sepakbola.com – Liga sepak bola Eropa telah memasuki paruh kedua musim 2018-19, para pemain yang berpeluang meraih Sepatu Emas pun sudah mulai bisa terlihat.

Pemenang Sepatu Emas Eropa musim lalu adalah Lionel Messi, dan dia masih menjadi yang tertajam hingga pertengahan musim ini. Pemenang penghargaan Sepatu Emas Eropa didasarkan pada sistem poin yang memungkinkan pemain dari liga yang lebih bergengsi terpilih sebagai yang terbaik, bahkan jika jumlah gol mereka lebih sedikit dari pemain di liga yang lebih rendah.

Gol yang dicetak oleh pemain dari lima liga teratas menurut daftar koefisien UEFA akan dikalikan dua. Lalu gol yang dicetak oleh pemain dari liga yang berada di peringkat 6 hingga 21 akan dikalikan 1,5.

Berikut adalah 10 pemain tertajam di Eropa hingga saat ini

1. Lionel Messi, Barcelona – 19 gol (38 poin)

Jadwal Liga Sanyol 5-8 Januari 2019

Lionel Messi mampu tampil tajam, meski ia kerap berpindah posisi di skema Ernesto Valverde. Tampil sebagai kapten musim ini, Messi mampu menjadi pemimpin tim Barcelona, sekaligus bomber utama klub Catalan tersebut. Konsistensi yang ia tunjukkan di sepanjang musim ini sungguh sulit untuk tidak dikagumi.

2. Kylian Mbappe, PSG – 18 gol (36 poin)

Pemenang Piala Dunia bersama Prancis ini memulai kompetisi Ligue 1 dengan performa yang luar biasa. Ia tetap mampu tampil tajam meski harus bersanding dengan bintang besar lain seperti Edinson Cavani dan Eden Hazard. Mbappe pun sempat membukukan hat-trick dalam kemenangan 9-0 PSG atas Guingamp pada bulan Januari.

3. Fabio Quagliarella, Sampdoria – 16 gol (32 poin)

Pemain veteran asal Italia ini tidak menunjukkan tanda-tanda akan melambat, dan ketajamannya yang sangat baik tetap terlihat di Serie A. Dengan gol beruntunnya yang ke-11 di pertandingan melawan Udinese, ia menyamai rekor yang dibuat oleh legenda Argentina Gabriel Batistuta pada musim 1994-95.

4. Mohamed Salah, Liverpool – 16 gol (32 poin)

Prediksi Burnley vs Liverpool Liga Inggris 2018-2019. Preview Burnley vs Liverpool Premier League. Jadwal Burnley vs Liverpool.

Tuduhan soal diving dan ketajamannya yang menurun sama sekali tidak mempengaruhi performa dari Mohamed Salah. Ia tetap mampu menjadi sosok utama di lini depan tim Jurgen Klopp, dan merupakan penyerang yang sangat menakutkan di Liga Inggris musim ini.

5. Edinson Cavani, PSG – 16 gol (32 poin)

Pemain asal Uruguay Edinson Cavani sedang mendekati tahap akhir kariernya, tetapi ia terus mencetak gol dengan konsistensi yang mengesankan. Bersama dengan Mbappe dan Neymar, ia adalah bagian dari kekuatan serangan yang menakutkan di PSG.

6. Pierre-Emerick Aubameyang, Arsenal – 15 gol (30 poin)

Aubameyang Golden Boot

Aubameyang merupakan pemain tertajam di Arsenal musim ini. Kemampuannya yang sangat baik dalam menusuk pertahanan lawan tampak serasi dengan gaya bermain Arsenal di bawah Unai Emery yang terbuka dan menekan. Bersama Alexandre Lacazette, ia menjadi tulang punggung di lini depan The Gunners.

7. Luis Suarez, Barcelona – 15 gol (30 poin)

Suarez terbukti menjadi pemain yang bisa diandalkan oleh Barcelona dengan tidak adanya Lionel Messi dalam pertandingan El Clasico mereka melawan Real Madrid. Ia mampu mendapatkan hat-trick melawan Los Blancos untuk membuatnya menjadi orang pertama selain Messi yang melakukan hal itu sejak Romario pada tahun 1994.

8. Cristiano Ronaldo, Juventus – 15 gol (30 poin)

rekor cristiano ronaldo

Ronaldo tak membutuhkan waktu lama untuk menjadi pemain yang paling diandalkan di lini depan Juventus. Ketajamannya di lini serang Bianconeri kerap menyelamatkan poin timnya, dan golnya di pertandingan terakhir melawan Lazio menjadi penegas akan hal itu.

9. Duvan Zapata, Atalanta – 15 gol (30 poin)

Pemain asal Kolombia ini menjaringkan hat-trick ke gawang Udinese untuk membantu musimnya berjalan dengan baik dan ia merupakan salah satu pemain tertajam di kompetisi Serie A musim ini.

10. Nicolas Pepe, Lille – 15 gol (30 poin)

Nicolas Pepe tampil sangat bagus bersama Lille di kompetisi Ligue 1 musim ini. Ketajaman pemain berusia 23 tahun itu bahwa telah menarik perhatian Arsenal, meski tampaknya ia belum akan berpindah klub dalam waktu dekat.

(Sumber: Goal)

 

Penulis: Andrie Widyantoro
Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini