Klopp Anggap Kekalahan Liverpool Di Final Liga Champions Beri Dampak Positif

Sepakbola.com, Liverpool – Jurgen Klopp mengatakan bahwa sakit hati Liverpool di final Liga Champions pada Mei lalu, menjadi faktor yang membantu mereka menjalani musim ini dengan lebih baik.

Liverpool akan menghadapi sang juara bertahan Premier League Manchester City, Jumat (4/1) dini hari WIB. Kemenangan akan meningkatkan keunggulan mereka atas tim Pep Guardiola menjadi 10 poin di klasemen sementara.

Ketika menggantikan Brendan Rodgers sebagai manajer The Reds pada 2015, Klopp menggambarkan sejarah Liverpool yang terkenal sebagai ‘ransel 20 kg’, yang bisa menghalangi klub di era modern.

Meskipun Real Madrid meraih kemenangan atas Liverpool dengan skor 3-1 di Kiev, Klopp mengatakan bahwa bisa terlibat dalam kesempatan seperti itu membuat timnya memiliki beban yang lebih ringan sekarang. Dan mereka bisa menjalani musim ini dengan lebih fokus dan tidak tertekan.

“Saya pikir kami akhirnya menyingkirkan ransel ketika kami mencapai final Liga Champions,” katanya pada konferensi pers pra-pertandingan melawan Manchester City.

“Kami tidak menang, ya, tetapi hanya 20 tim [18 tim di era Liga Champions] yang bisa mencapai final Liga Champions sehingga kami melakukan sesuatu yang sangat istimewa. Kami tidak memenangkannya tetapi perjalanan kami tidak bisa dipercaya, perjalanan kami sangat luar biasa. Sejak itu rasanya berbeda,” tambahnya.

PREDIKSI Manchester City vs Liverpool: Bentrokan Terbesar Liga Inggris Musim Ini

Klopp berharap bisa menurunkan beberapa pemain yang pengalaman memenangkan gelar di pertandingan mendatangkan, terutama James Milner yang telah kembali berlatih setelah mengalami cedera hamstring.

Pemain asal Inggris itu adalah sosok yang pernah mengangkat gelar Premier League bersama Manchester City pada 2011-12 dan 2013-14.

“Pengalaman selalu baik jika Anda menggunakannya dengan cara yang benar. Saya tidak tahu [apakah] Milly memberi pelajaran tentang bagaimana menghadapi situasi, tetapi pengaruhnya terhadap tim sangat besar, seperti halnya dengan pemain lain, tetapi terutama Milly,” pungkasnya.

Di pertandingan mendatang, Jurgen Klopp tidak akan bisa menurunkan beberapa pemain seperti Alex Oxlade Chamberlain, Joe Gomez dan Joel Matip karena masalah cedera. Sementara itu kondisi bek sayap Alberto Moreno masih meragukan untuk bisa tampil di Stadion Etihad. (Sumber: Four Four Two)

 

Penulis: Andrie Widyantoro
Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini