Marcello Lippi Mundur Dari Posisi Pelatih Timnas Tiongkok

Pertandingan lawan Iran di babak perempat final Piala Asia 2019 menjadi tugas terakhir Marcello Lippi sebagai pelatih Timnas Tiongkok.

Sepakbola.com, Dubai – Marcello Lippi mengundurkan diri dari posisi pelatih kepala tim nasional Tiongkok setelah tim asuhannya gagal melaju ke semi final Piala Asia 2019.

Lippi mengundurkan diri setelah Tiongkok kalah 0-3 dari Iran di babak perempat final Piala Asia 2019. Kekalahan itu sekaligus membuat Wu Lei dan kawan-kawan gagal memenuhi target juara di ajang tersebut.

“Pertandingan ini mengakhiri kontrak saya dengan Tim Nasional Tiongkok,” kata Lippi selepas pertandingan.
“Bagi saya, merupakan suatu kehormatan telah melatih tim nasional di negara yang sangat penting seperti Tiongkok.”

“Saya mencoba yang terbaik selama periode itu dan tim telah meningkat dan menjadi lebih baik. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang atas dukungan yang mereka berikan.”

Kekalahan telak tak terduga

Lippi menyebut timnya ceroboh sehingga bisa kalah telak lawan Iran sehingga gagal melaju ke semifinal Piala Asia. Meski begitu, ia tetap memuji usaha yang dilakukan para pemainna di kompetisi akbar Asia tersebut.

“Mungkin banyak yang mengharapkan hasil akhirnya lebih baik saat melawan Iran. Tetapi bagi saya itu adalah pertandingan di luar dugaan saya karena kami tidak boleh membuat kesalahan seperti itu.”

“Iran adalah tim yang kuat dan Anda tidak dapat melakukan kesalahan dan memberi mereka gol seperti ini. Itu semua tentang kurangnya konsentrasi. Ini mungkin pertandingan yang sulit tetapi Anda tidak boleh kalah dengan cara ini.”

“Saya ingin berterima kasih kepada para pemain karena mereka melakukan banyak upaya dan melakukan beberapa penampilan bagus di Piala Asia ini. Kami memainkan beberapa pertandingan bagus, meskipun kami gagal mencapai empat besar,” tandas Lippi.

Marcello Lippi menangani tim nasional Tiongkok sejak tahun 2016 yang lalu. Sebelum berkelana hingga ke Tiongkok, pelatih gaek tersebut lama malang-melintang di persepakbolaan Italia. Prestasi terbaik Lippi adalah membawa tim nasional Italia menjadi juara di Piala Dunia 2006, sesuatu yang hingga kini belum bisa lagi diulangi oleh Gli Azzurri. (Sumber: Four Four Two)

Penulis: Hery Kurniawan/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini