Perjuangan Isco Dan Coutinho Dapatkan Tempat Utama

Sepakbola.com, Yogyakarta – La Liga Spanyol di musim 2018-19 sudah berjalan lebih dari setengah musim. Barcelona yang sejak awal diunggulkan untuk mempertahankan gelar juara yang mereka raih di musim lalu masih memimpin klasemen sementara.

Kejutan mungkin hadir di kubu rival Barca, Real Madrid. Los Blancos yang menjadi juara di ajang Liga Champions selama tiga musim beruntun itu justru masih kesulitan untuk menembus empat besar.

Namun, ada kesamaan dari Barcelona dan Real Madrid di musim ini. Kedua tim itu sama-sama memiliki pemain bintang yang diharapkan menjadi andalan utama tapi justru kesulitan untuk menembus status inti di tim masing-masing,

Nama yang dimaksud adalah Philippe Coutinho dan Isco. Kedua pemain itu entah mengapa justru kesulitan mendapatkan tempat utama di tim mereka masing-masing.

Isco yang menjadi andalan di lini tengah maupun sayap Real Madrid dalam tiga musim terakhir justru lebih sering duduk di bangku cadangan di musim ini. Pemain berusia 26 tahun itu baru 13 kali tampil di La Liga dengan torehan waktu bermain hanya 592 menit saja.

Catatan itu bahkan kalah jauh dari Dani Ceballos yang di musim lalu hanya menjadi pemain cadangan. Ceballos saat ini sudah mencatatkan lebih dari 700 menit bermain di ajang La Liga bersama Real Madrid.

Philippe Coutinho juga mengalami hal serupa. Didatangkan dari Liverpool di bursa transfer musim dingin tahun lalu dengan biaya mencapai 150 juta Euro, Cou hingga kini masih terlihat kesulitan di Barcelona.

Meski tak separah Isco, catatan waktu bermain selama 931 menit di ajang La liga yang dimiliki Coutinho di musim ini tentu jauh dari harapan. Bahkan di empat laga La Liga terakhir, pemain asal Brasil ini terus menjadi pemain cadangan dan hanya diandalkan di ajang Copa Del Rey.

Kedua pemain ini sepertinya harus bekerja sangat keras untuk bisa membuat pelatih mereka masing-masing terkesan dan kembali membuat Isco dan Coutinho kembali mendapatkan tempat. Utamanya bagi Coutinho, dengan banderol begitu mahal bahkan yang termahal di sepanjang sejarah Barcelona, Coutinho tentu seharusnya bisa menjadi andalan di lini tengah Barcelona dan mempersembahkan banyak gelar untuk klub tersebut.

Penulis: Hery Kurniawan/Editor: Setyo Bagus Kiswanto

Komentari Artikel Ini