Sarri Anggap Liga Inggris Masih Belum Siap Terapkan VAR

Sepakbola.com, London – Maurizio Sarri telah mengklaim bahwa wasit Liga Inggris masih belum siap dengan VAR, dan menurutnya sistem itu tidak harus diperkenalkan.

VAR tidak digunakan untuk membantu Chelsea dalam pertandingan semifinal Piala EFL mereka melawan Tottenham Hotspur awal pekan ini. Teknologi itu justru digunakan untuk memberikan penalti kepada Harry Kane.

Kane awalnya dianggap offside di Wembley sebelum dijatuhkan oleh Kepa Arrizabalaga, tetapi wasit Michael Oliver mengubah keputusan tersebut setelah berkonsultasi dibantu dengan teknologi VAR.

Petugas VAR untuk pertandingan itu adalah Chris Kavanagh, dan ia akan bertanggung jawab dalam pertandingan Chelsea melawan Newcastle United pada akhir pekan ini. Dan meskipun Sarri bersikeras bahwa dirinya tidak menyalahkan para wasit, dia menegaskan kembali keraguannya bahwa sistem itu akan sukses ketika diperkenalkan ke Premier League musim depan.

“Masalahnya bukan wasit atau yang lain. Masalahnya adalah mereka tidak siap untuk menggunakan VAR,” ujar Sarri pada konferensi pers.

“Itu tidak mudah karena jika Anda melihat hakim garis, ia menghentikan larinya dan untuk pemain itu adalah sinyal offside. Tapi itu normal. Mereka menggunakan sistem itu untuk pertama kalinya di Piala Liga, jadi mereka hanya perlu membiasakan diri menggunakan sistem itu,” tambahnya.

“Saya tidak suka VAR, tetapi itu hanya pendapat saya karena kita berisiko untuk mengubah suasana di stadion. Kami bisa mencetak gol, tetapi harus menunggu selama 30 detik untuk merayakannya. Saya terbiasa bermain dengan sistem itu karena di Italia kami menggunakannya mulai tiga tahun lalu. Saya tidak suka, tetapi itu hanya pendapat saya. Saya lebih suka seperti sekarang di Inggris,” lanjut Sarri.

Chelsea menghasilkan sudut kamera alternatif setelah kekalahan itu, yang menunjukkan bahwa Kane mungkin memang berada dalam posisi offside. Tetapi Sarri mengakui bahwa Chelsea tidak dapat menyalahkan teknologi atas kekalahan mereka.

“Itu kesalahan, tapi itu tidak terlalu penting. Itu hanya 10 detik pertandingan, yang harus dipikirkan adalah 89 menit lainnya. Itu tidak penting. Kami tidak perlu memikirkan wasit. Itu tidak penting bagi kami,” pungkasnya. (Sumber: Sportskeeda)

 

Penulis: Andrie Widyantoro/Editor: Setyo Bagus Kiswanto

Komentari Artikel Ini