Ternyata Barcelona Gagal Dapatkan Pulisic Gara-Gara FIFA

Sepakbola.com, Barcelona – Barcelona menghentikan upayanya merekrut Christian Pulisic tujuh tahun lalu karena ancaman transfer yang dikeluarkan FIFA, menurut laporan Sport.

Sekarang Pulisic sudah resmi milik Chelsea, dia menandatangani kontrak dengan The Blues pada Rabu (2/1/2019) dengan harga 57,5 ​​juta poundsterling (sekitar Rp1,04 triliun) dari Borussia Dortmund. Pemain tim nasional Amerika Serikat ini akan tetap di Dortmund dengan status pinjaman hingga akhir musim, dan akan mulai mengenakan jersey The Blues di musim 2019-2020.

Chelsea berhasil memikat playmaker muda ini walau beberapa klub besar Eropa juga tertarik kepadanya – termasuk Tottenham pada musim panas tahun lalu.

Menurut laporan surat kabar Spanyol Sport, Pulisic sempat menjalani uji coba di Barca pada tahun 2008. Dia menyelesaikan uji coba di Barcelona, tetapi pelatih saat itu Jordi Font, mengungkapkan alasan Barca tidak mempermanenkan statusnya.

“Ayahnya yakin bahwa di Amerika Serikat dia tidak bisa mendapat banyak kemajuan dan karena itu dia mencari tim di Eropa,” kata Font kepada Sport dikutip dari express.co.uk (5/1)

Albert Puig, mantan direktur teknik pemain muda Barcelona, ​​mengatakan: “Dia pemain yang sangat kecil, tetapi melihat potensi yang besar,”

“Dia sangat baik dalam situasi satu lawan satu.”

Sport mengatakan Barca ingin merekrut Pulisic, tetapi FIFA sudah mulai menyelidiki aktivitas transfer mereka saat mendaftarkan pemain di bawah usia 18 tahun. Barcelona akhirnya dihukum dua larangan transfer pada musim 2014/15 karena terbukti melanggar Pasal 19 Peraturan FIFA tentang Status dan Transfer Pemain karena merekrut pemain tim nasional di bawah usia 18 tahun.

Investigasi berjalan cukup lama dan pada tahap tertentu Barca merasa mereka tidak bisa menandatangani Pulisic. Sport mengklaim Barca sudah mencapai kesepakatan dengan Pulisic dan membiayai biaya penginapannya di hotel.

Namun, pada akhirnya ayahnya berhasil mendapatkan paspor Kroasia untuk Pulisic – dan dengan itu dia pindah ke Dortmund pada tahun 2015 saat bintang muda ini baru berusia 16 tahun. (Sumber: express.co.uk)

Penulis: Ricky Sulastomo
Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini