Tottenham 1-0 Chelsea, Sarri: Wasit Inggris Tak Paham Cara Gunakan VAR!

Kubu Chelsea mengacu pada sudut lain kamera yang memperlihatkan bagian atas tubuh Harry Kane melewati garis offside.

Sepakbola.com, London – Pelatih Chelsea, Maurizio Sarri kecewa dengan keputusan wasit di laga antara The Blues kontra Tottenham yang berlangsung, Kamis (1/9/2019) dini hari WIB lalu. Menurut Sarri, wasit di laga itu tak mampu menggunakan VAR dengan baik.

Laga leg pertama semi final Piala Liga antara tuan rumah Tottenham melawan Chelsea berjalan menarik. Namun, ada kejadian yang memicu kontroversi.

Memasuki menit ke-25, Harry Kane dilanggar Kepa Arrizabalaga di area terlarang. Namun, ada perbebatan apakah Kane sudah dalam posisi offside atau belum. Wasit kemudian melihat tayangan ulang pada VAR dan memberikan penalti untuk Spurs.

VAR memang menunjukkan kaki Harry Kane berada segaris dengan defender Chelsea (tidak offside) namun dalam angle kamera lain bagian atas tubuh Kane berada di depan garis offside.

“Beberapa menit lalu saya menyaksikan video dari kamera kami. Itu offside. Kamera kami berada segaris dengan Harry Kane,” kata Sarri kepada Sky Sports.

Offside pada kepala, lutut. Offside. Benar-benar penting hakim garis terus berlari, ia memiliki dampak besar pada bek kami.”

“Saya tidak berpikir wasit Inggris mampu menggunakan sistem tersebut.”

“Jika Anda tidak yakin dengan sistem ini, Anda harus mengikuti bola dan pada akhir aksinya memutuskan. Namun ia (asisten wasit) berhenti berlari dan tidak mengikuti bola – bagi defender kami itu offside. Saya tidak tahu tentang kiper, namun bagi defender sudah pasti.”

“Saya pikir mereka harus mempelajari sistemnya. Sangat aneh di Liga Primer tidak ada VAR dan di Piala Liga ada sistem ini. Ini sangat aneh untuk kami, pemain dan wasit,” tandas pria asal Italia itu.

Sialnya bagi Chelsea, gol dari titik putih yang dilesakkan Harry Kane itu menjadi satu-satunya gol di laga tersebut. Chelsea harus menang dengan margin dua gol atau lebih untuk bisa lolos ke babak final pada leg kedua nanti. (Sumber: Sky Sports)

Penulis: Hery Kurniawan/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini