Chiellini: Ronaldo Mirip Bolt Dan Federer

Cristiano Ronaldo yang telah berusia 34 tahun tak berkurang ketajamannya dan memimpin klasemen top skorer Liga Italia dengan 18 gol.

Sepakbola.com, Turin – Kapten Juventus Giorgio Chiellini merasa Cristiano Ronaldo adalah gabungan bintang tenis Roger Federer dan sprinter tercepat dunia Usain Bolt. Chiellini menikmati bermain dengan pemenang Ballon d’Or lima kali tersebut.

Ronaldo bergabung dengan Juve di pramusim dengan nilai 110 juta euro (sekitar Rp1,75 triliun). Ia meninggalkan Spanyol usai sembilan tahun yang sukses bersama Real Madrid. CR7 tampil menawan di Italia, mencetak 18 gol Serie A dari 23 pertandingan.

Transfer Ronaldo cukup mengejutkan dan menempatkan Juve menjadi salah satu favorit di Liga Champions 2018-19. Pasalnya, Ronaldo memainkan peran penting dalam dominasi Madrid dalam tiga musim terakhir di kompetisi antar-klub Eropa.

Menjaga keseimbangan tim

Kedatangan Ronaldo juga membantu mengisi kekosongan dalam pengalaman dan kepemimpinan semenjak kepergian Gianluigi Buffon yang bergabung dengan Paris Saint-Germain. Kepergian Buffon  memungkinkan Chiellini menjadi kapten Juventus.

Tembok tangguh Italia merasa senang bermain bersama Ronaldo yang menurutnya sebanding dengan gabungan pemenang Grand Slam tenis 20 kali, Federer dan juara Olimpiade delapan kali, Bolt.

“Mengganti Buffon sama sekali tidak mudah,” kata Chiellini kepada La Stampa. “Sebagai kapten, Anda tidak perlu melakukan pekerjaan yang lain,” dikutip dari fourfourtwo (13/2/2019).

“Tapi, Anda harus membantu menjaga keseimbangan (pasukan), dan di ruang ganti dengan multi-budaya, latar belakang berbeda, kebiasaan dan agama yang berbeda, itu tidak selalu mudah, tetapi lingkungan seperti itu indah.”

“Anda menjadi pemimpin. Saya orang yang ingin tahu, pengamat yang baik, dan saya suka belajar. Misalnya, memiliki Ronaldo yang dekat dengan saya itu menarik.”

“Dia seperti Bolt dan Federer. Memahami kebiasaan orang-orang yang memiliki kemampuan tambahan itu membantu. Bukan untuk meniru dia, melainkan membantu memperluas wawasan saya (sebagai kapten),” tegasnya.

Juventus akan berhadapan dengan Frosinone pada hari Sabtu (16/2/2019) di Allianz Stadium dan di Liga Champions mereka akan berhadapan dengan Atletico Madrid, leg pertama pada hari Kamis (21/2/2019). (Sumber: fourfourtwo)

Penulis: Ricky Sulastomo/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini