Siap Go Publik, Persija Masuk Bursa Saham

Sepakbola.com, Jakarta – Program baru coba dicanangkan Manajemen Persija Jakarta di bawah komando Direktur Utama, Kokoh Alfiat. Rencananya mereka akan melepas saham kepemilikan ke publik atau dikenal sebagai IPO (Initial Public Offering).

Akhir Desember program itu direalisasikan oleh Kokoh. Beberapa langkah sudah dilakukan pria berkacamata ini di antaranya melakukan audit dan menempatkan sosok-sosok profesional di jajaran manajerial.

“Persija ada program besar. Tahun ini berencana masuk bursa saham. Untuk itu, memang diperlukan profesional tambahan. Sehingga proses besar dan program besar Persija dapat terlaksana,” kata dia dalam konferensi pers di Hotel Century, Jakarta, Sabtu, (9/2/2019) kemarin.

Persija mengambil langkah ini agar bisa tumbuh menjadi perusahaan yang lebih maju dan besar. Menurutnyaa, salah satu syarat agar perusahaan yang bernama lengkap PT Persija Jaya Jakarta Maju ialah dengan menjadi transparan.

“Saat masuk bursa semua menjadi transparan, manajemen akan baik karena ada pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan),” tambahnya.

Persija tak lagi merugi

Dengan masuk bursa saham, Persija berharap dapat menambah pundi-pundi pendapatan mereka yang beberapa tahun terakhir dinilai “merah”. Hampir setiap tahun, pendapatan klub berjuluk Macan Kemayoran itu disebut lebih kecil dari pembiayaan.

“Alhamdulillah tahun 2018 buku keuangan Persija sudah mulai ‘biru’ walaupun arus kas atau cash flow masih minus karena pendapatan-pendapatan dari PT Liga Indonesia Baru belum bisa ditunaikan. Baru sebatas komitmen,” tegasnya.

Jika ini terjadi, tim berjuluk Macan Kemayoran akan menjadi klub pertama Indonesia yang akan dimiliki masyarakat jika rencana IPO ini terealisasi.

“Dengan berada di bursa saham, masyarakat dapat mengikuti saham Persija dan menjadi lebih percaya tata kelola di dalam klub. Mudah-mudahan langkah ini menular ke klub Indonesia lainnya,” ujar Kokoh.

Komentari Artikel Ini