Ini Rahasia Ronaldo Hingga Jadi Pemain Segudang Kesuksesan

Sepakbola.com, Turin – Cristiano Ronaldo adalah pemain bintang yang telah mendapatkan berbagai penghargaan, termasuk lima Ballon d’Or. Dan rahasia atas kesuksesannya terkuak dalam wawancara baru-baru ini.

Pemain asal Portugal itu mulai dikenal di sepak bola Eropa saat bermain di klub Sporting Lisbon. Tidak butuh waktu lama baginya untuk menarik perhatian klub besar, dengan Sir Alex Ferguson membawanya ke Old Trafford pada tahun 2003.

Ronaldo telah menikmati karier yang sarat dengan trofi sejak saat itu, dan ia dianggap sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang masa. Dan ia telah melakukan upaya yang luar biasa untuk mencapai titik itu, terutama di sesi latihannya.

Tonito, yang merupakan pemain Sporting ketika Ronaldo masih remaja, mengatakan kepada Gazzetta dello Sport tentang dedikasi yang ditunjukkan oleh pemain itu untuk menjadi yang terbaik.

“Cristiano adalah seorang anak kecil, tetapi dia adalah sosok yang rendah hati, ambisius , dan profesional. Selama latihan, dia tidak merasa segan dengan para veteran, dan saya akan mengatakan kepadanya untuk tetap tenang dan jangan berlebihan,” ujarnya.

“Saya juga akan memberinya tumpangan dari dan ke sesi latihan. Tapi saya harus menunggu satu jam di tempat latihan, karena dia tidak pernah ingin pergi. Saya akan menggedor jendela gym dan berkata kepadanya untuk segera berhenti,” tambah Tonito.

Upaya-upaya itu telah membantu Ronaldo dengan baik. Dan kini ia merupakan salah satu pemain tersukses di dunia sepak bola, dengan berbagai gelar terbesar di level klub berhasil ia raih. Selain itu Ronaldo juga berhasil membawa tim nasional Portugal untuk sukses di Piala Eropa.

Keterampilannya yang menakjubkan saat ini dipamerkan di Italia bersama juara bertahan Serie A Juventus. Dia masih belum menunjukkan tanda-tanda mengalami penurunan, dan mungkin ada lebih banyak rekor yang akan dipecahkannya sebelum menggantungkan sepatu.

Pada Januari lalu, Ronaldo pun mengisyaratkan kemungkinan untuk menelusuri kembali langkahnya ke Sporting sebelum menggantung sepatunya. Banyak pemain yang memutuskan untuk kembali ke klub masa kecil mereka sebelum pensiun, dan tampaknya Ronaldo juga akan mengambil langkah itu. (Sumber: Gazzetta dello Sport)

 

Penulis: Andrie Widyantoro/Editor: Setyo Bagus Kiswanto

Komentari Artikel Ini