Kiper Legendaris Inggris Gordon Banks Meninggal Dunia

Sepakbola.com, Stoke – Kiper legendaris Inggris yang menjadi pemenang Piala Dunia 1966 Gordon Banks telah meninggal dunia dalam usia 81 tahun. Hal itu pertama kali dikonfirmasi oleh Stoke City pada Selasa (12/2/2019) pagi waktu Inggris.

Banks dikenal sebagai salah satu kiper terbaik Inggris sepanjang masa. Sepanjang kariernya, Banks kerap tampil luar biasa terutama saat membela panji Tiga Singa.

Selain menjadi pahlawan Inggris di Piala Dunia 1966, salah satu momen ikonik dari Banks adalah ketika ia menyelamatkan peluang emas yang hampir 100 persen berbuah gol dari Pele dan Carlos Alberto di Piala Dunia 1970.

 

“Dengan sangat sedih kami mengumumkan bahwa Gordon meninggal dengan damai semalam,” begitu bunyi rilis resmi Stoke City.

“Kami hancur kehilangan sosok Banks, tetapi kami memiliki begitu banyak kenangan indah dan tidak mungkin lebih bangga dengannya.

“Kami akan meminta agar privasi keluarga dihormati saat ini.”

Ketika masih aktif bermain, Stoke City memang menjadi salah satu klub yang paling melekat dengan Banks. Ia sempat memperkuat The Potters dalam dua masa yang berbeda yakni pada tahun 1967-1971 dan di tahun 1972.

Sejak menjadi juara di Piala Dunia 1966 yang mana mereka kala itu menjadi tuan rumah, Inggris belum pernah lagi mampu mengulangi prestasi serupa hingga saat ini. Hal itu membuat publik Inggris tentunya akan melakukan penghortaman yang spesial untuk mendiang Banks. (Sumber: Stoke City)

Penulis: Hery Kurniawan
Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini