Manchester United Ungkap Pemecatan Mourinho Berharga Rp354 Miliar

Sepakbola.com, Manchester – Manchester United mengeluarkan biaya 19,6 juta poundsterling (sekitar Rp354 miliar) untuk memecat Jose Mourinho dan stafnya pada bulan Desember setelah dua setengah tahun di Old Trafford.

Mourinho dipecat usai serangkaian hasil yang mengecewakan, puncaknya kekalahan 3-1 melawan Liverpool yang membuat United tertinggal 11 poin dari empat besar Premier League.

Manajer asal Portugal ini digantikan Ole Gunnar Solskjaer, dan meningkat secara dramatis dengan 10 kemenangan dari 12 pertandingan di semua kompetisi, dan memastikan United sekarang duduk di posisi keempat.

Setelah rilis laporan keuangan kuartal kedua klub, mereka menyatakan pelepasan Mourinho dengan pelatih Silvino Louro, Carlos Lalin dan Stefano Rapetti, pemandu bakat Ricardo Formosinho dan analis Giovanni Cerra, merogoh kocek hingga 20 juta poundsterling.

“Pengeluaran tak biasa untuk kuartal itu 19,6 juta pounds, terkait dengan kompensasi kepada mantan manajer dan beberapa anggota staf pelatih karena kehilangan posisinya,” menurut laporan itu.

Mourinho diberikan perpanjangan kontrak baru oleh United pada Januari 2018, membuat gaji tahunannya menjadi sekitar 12 juta poundsterling dan berakhir Juni 2020 termasuk opsi perpanjangan satu tahun.

Tetapi performa buruk United membuat klub mengakhiri masa jabatannya untuk memasukkan mantan striker United Solskjaer dan mantan asisten Sir Alex Ferguson, Mike Phelan.

Terkait tim pelatih baru, wakil ketua eksekutif Ed Woodward menambahkan: “Penunjukan Ole dan Mike sebagai manajer sementara dan asisten manajer, bekerja dengan Kieran (McKenna), Michael (Carrick) dan Emilio (Alvarez), memiliki dampak positif di seluruh klub.

“Kami senang dengan peningkatan kinerja tim sejak Desember dan kami berharap untuk finish kuat musim 18/19.”

Pengeluaran dana pemecatan Mourinho memang mahal, tetapi United mencatat rekor pendapatan tiga bulan terakhir tahun 2018 sangat baik, total pendapatan mencapai 208,6 juta poundsterling (sekitar Rp3,7 triliun) dan pendapatan penyiaran saja mencapai 103,7 juta (sekitar Rp1,86 triliun). (Sumber: goal.com)

Komentari Artikel Ini