‘Mourinho Seharusnya Tidak Pernah Ditunjuk Sebagai Manajer MU’

Sepakbola.com, Manchester – Manchester United dianggap seharusnya tak pernah mempekerjakan Jose Mourinho sebagai manajer tim. Hal itu disampaikan wartawan The Independent, Jack Pitt-Brooke.

Mourinho meninggalkan Old Trafford pada Desember 2018 setelah dua setengah tahun melatih Manchester United. Manajer asal Portugal itu digantikan Ole Gunnar Solskjaer, yang hingga kini belum pernah kalah di masa jabatannya sebagai manajer caretaker.

Pemain seperti Paul Pogba, Marcus Rashford dan Anthony Martial terlihat mengalami peningkatan performa di bawah arahan Solskjaer. Menurut Pitt-Brooke, itu menjadi petunjuk betapa salahnya Mourinho bagi Manchester United.

“Keberhasilan Solskjaer selama beberapa minggu terakhir adalah bukti kegagalan Mourinho. United bermain sangat baik sekarang dan Pogba, Martial, dan Rashford sangat bagus sehingga itu membuktikan bahwa Mourinho seharusnya tidak pernah ditunjuk sejak awal,” ujarnya.

“Ketika Anda membangun skuat dengan beberapa pemain paling berbakat di Eropa, menunjuk seseorang yang tidak benar-benar tertarik untuk mendapatkan performa terbaik dari mereka adalah pengkhianatan terhadap para pemain itu,”

“Dia sangat menyia-nyiakan potensi para pemain itu, dan memenangkan Liga Europa atau Piala Liga tidak bisa menebusnya. Jika Manchester United menunjuk seseorang yang lebih cocok untuk mendapatkan performa terbaik dari Pogba, Martial dan Rashford pada tahun 2016, mereka akan berada di tempat yang jauh lebih baik,” lanjut Brooke.

Sementara wartawan The Telegraph, Jason Burt, juga setuju dengan menambahkan: “Saya pikir Mourinho adalah perekrutan yang buruk. Dia adalah orang yang salah dan datang pada waktu yang salah di klub itu (Manchester United).”

“Manchester United membuang-buang waktu. Saya tahu mereka memenangkan trofi di bawah Mourinho, tapi saya merasa uang yang mereka habiskan tidak berhubungan dengan apa yang mereka capai. Mereka menyelesaikan musim di urutan keenam tahun itu, ketika mereka memenangkan Liga Europa, dan saya pikir mereka sekarang menemukan kembali siapa yang mereka butuhkan,” imbuhnya.

Kini Manchester United akan berusaha memperbaiki prestasi mereka, terutama di Liga Inggris, di mana mereka belum mendapatkan gelar sejak musim 2012-13 atau musim terakhir manajer legendaris Sir Alex Ferguson.

Selanjutnya The Red Devils akan menjamu Paris Saint-Germain di Old Trafford, pada leg pertama babak 16 Besar Liga Champions, Rabu (13/2/2019) dini hari WIB. (Sumber: Sky Sports)

 

Penulis: Andrie Widyantoro
Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini